Wulan, Betty Dyah Anggun Purnama (2017) Implementasi Program Peace Corps Dan Dampaknya Pada Mutu Pendidikan Bahasa Inggris (Studi Pada MTS. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat”. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju maka muncullah berbagai macam permasalahan yang menghampiri bangsa. Salah satunya yakni permasalahan pendidikan. Bahasa Inggris adalah salah satu Mata Pelajaran penting untuk siswa, oleh karena itu Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat membentuk Program pengabdian masyarakat untuk mengajarkan Bahasa Inggris untuk generasi muda Indonesia, khususnya siswa. Program tersebut adalah Program Peace Corps. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Blitar, sedangkan situsnya berada di MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Peace Corps di MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar memberikan manfaat untuk para siswa dan guru yang ada di MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar. Siswa MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar mempunyai motivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Selain itu beberapa siswa juga sudah mengikuti perlombaan dalam bidang Bahasa Inggris dan menjuari beberapa perlombaan tersebut. Para guru dan Kepala Sekolah MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar juga mempunyai motivasi untuk belajar Bahasa Inggris dan memperbaiki model pembelajaran Bahasa Inggris. Hambatan dalam implementasi Program Peace Corps adalah isi program, informasi, dukungan, dan pembagian potensi.
English Abstract
Education is an effort for human beings to develop their potency through learning process and or other ways that are known and recognized by society". Along with the development of an advanced era then emerged various kinds of problems that approached the nation. One of them is education problems. English is one of the important subjects for students, therefore the Government of Indonesia and the Government of the United States set up a community service program to teach English to young Indonesians, especially students. The program is Peace Corps Program. This research uses descriptive research type with qualitative approach which located in Blitar Regency, while its site is in MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar. The primary data source was obtained from several interviews from the relevant informants, while the secondary data were obtained from documents related to the theme. The collecting data techniques are through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guides, and other aids. The research results show that the Peace Corps Program in MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar provides benefits for students and teachers in MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar. Students of MTs. Darussalam Kademangan Blitar Regency have the motivation to learn English. In addition some students was joined in English competition and became the champion of several competition. Teachers and Principals of MTs. Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar also have the motivation to learn English and improve the English learning model. Barriers to the implementation of the Peace Corps Program are program content, information, support, and potential sharing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/605/051708335 |
Uncontrolled Keywords: | Program, Peace Corps, Bahasa Inggris, Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 02:01 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 03:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |