Perbedaan Skor Pengetahuan Ibu Terkait Pendekatan Makan Pada Baduta Usia 6-12 Bulan Dengan Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Website Dan Booklet

Putri, Arunia Kemala (2017) Perbedaan Skor Pengetahuan Ibu Terkait Pendekatan Makan Pada Baduta Usia 6-12 Bulan Dengan Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Website Dan Booklet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Praktik pemberian makanan yang benar pada baduta tidak selalu dilaksanakan dengan baik, disebabkan anak mengalami kesulitan/menolak makan. Oleh karena itu, dibutuhkan peran ibu dalam mengetahui pendekatan makan yang tepat. Media edukasi booklet yang ada saat ini masih memiliki keterbatasan jumlah maupun distribusinya, sehingga perlu adanya media lain dengan inovasi jangkauan yang lebih luas seperti website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan ibu tentang pendekatan makan pada baduta usia 6-12 bulan melalui media website dan media booklet. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental study dengan pendekatan pre-test and post-test design (n = 50). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada skor pengetahuan ibu sebelum dan setelah diberi edukasi (pretest-posttest 1), dan sebelum dan satu minggu setelah diberi edukasi (pretest-posttest 2) dengan media website (p value pretest-posttest 1 = 0.001; pretest-posttest 2 = 0.001) dan media booklet (p value pretest-posttest 1 = 0.001; pretest-posttest 2 = 0.001). Namun tidak terdapat peningkatan signifikan pada skor antara posttest 1 dan posttest 2 (p value website = 0.106; p value booklet = 0.801);. Selanjutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan pada perubahan pengetahuan kedua kelompok (p value pretest-posttest 1 = 0.319; posttest 1-posttest 2 = 0.436; pretest-posttest 2 = 0.771). Kesimpulan penelitian ini adalah media website dapat berpotensi menjadi media edukasi gizi selain media booklet, hal ini dikarenakan keduanya dapat meningkatkan pengetahuan ibu baduta terkait pendekatan makan baduta usia 6-12 bulan.

English Abstract

The practice of correct feeding to under-two years old children is not always done well because children experience a rejection of food. Hence, mother’s role is needed to know the correct feeding approach. Booklet as the current educational media is still limited in number and distribution, so the other media with the innovation of a wider scope such as website is needed. This research is aimed to learn the knowledge score differences of the mother about the feeding approach to children 6-12 months old through website and booklet. This research used quasy experimental study design with pre-test and post-test design approach (n = 50). The result showed that there was significant improvement of mother’s knowledge score before and after education (pretest-posttest 1), and before and a week after education (pretest-posttest 2) through website (pretest to posttest 1 p value = 0.001; posttest 1 to posttest 2 = 0.106; pretest to posttest 2 = 0.001) and booklet (pretest to posttest 1 = 0.001; posttest 1 to posttest 2 = 0.801; pretest to posttest 2 = 0.001). However, there was not significant improvement of mother’s knowledge score in posttest 1 to posttest 2 (website p value= 0.106; booklet p value = 0.801). Furthermore, there was not significant differences on both group’s knowledge transformation (pretest to posttest 1 = 0.319; posttest 1 to posttest 2 = 0.436; pretest to posttest 2 = 0.771). The conclusion of this research is website can potentially be a nutrition education media aside from booklet, this is because of both media can improve the knowledge score of feeding approach in mothers with children 6-12 months old.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/301/051706132
Uncontrolled Keywords: Baduta Usia 6-12 Bulan, Skor Pengetahuan, Website, Booklet, Pendekatan Makan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.9 Pediatrics and geriatrics > 618.92 Pediatrics / Infants--Care / Infants--Development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:27
Last Modified: 13 Oct 2020 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3867
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item