Perbedaan Skor Pengetahuan Tentang Penambahan Berat Badan Dan Panjang Badan Baduta Pada Ibu Yang Mendapatkan Media Edukasi Gizi Website Dan Booklet

Adelina, Muthia Khanza (2017) Perbedaan Skor Pengetahuan Tentang Penambahan Berat Badan Dan Panjang Badan Baduta Pada Ibu Yang Mendapatkan Media Edukasi Gizi Website Dan Booklet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemantauan pertumbuhan dilakukan sebagai upaya pencegahan masalah gizi yang dapat ditemui. Peningkatan informasi dapat diperoleh melalui pendidikan gizi, termasuk penggunaan media. Seiring berkembangnya jaman, mulai dikenal media berbasis internet (website) dan berbasis cetak (booklet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan Ibu pada kelompok yang mendapatkan media website dan booklet. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan (n=25) pada kelompok website dan (n=23) pada kelombok booklet. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Data skor pengetahuan didapatkan dari kuisoner pre test dan post test. Hasil data dianalisa menggunakan uji statistik, yaitu wilcoxon dan mann whitney. Pada penelitian ini, terdapat peningkatan skor pengetahuan responden tentang penambahan berat badan dan panjang badan baduta antara sebelum dan setelah diberikan media edukasi website ( pada pre test-post test 1 dari 71.43 ke 85.71, p value= 0.005; dan pada pre test-post test 2 dari 71.43 ke 85.71, p value<0.001) dan melalui media booklet (pada pre test-post test 1 dari 57.14 ke 71.43, p value<0.001; dan pada pre test-post test 2 dari 57.14 ke 85.71, p value<0.001), namun hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan skor selisih pengetahuan pada kedua kelompok perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media website dapat meningkatkan pengetahuan responden sebagaimana media booklet. Oleh karena itu, kedua media edukasi ini dapat digunakan sesuai dengan karakteristik dan disesuaikan dengan sasaran masyarakatnya.

English Abstract

Growth monitoring may be essential as malnutrition detection. Utilized indicator in monitoring child growth is weight and length gain according to age. But, there absence of majority of the data regarding it becuase lack of nutritional education, including the media is choosen. Alongside improvement of the era, media is known by internet based (website) and print based (booklet). This study aimed at determining the difference of knowledge score weight and length gain of child 0-2 years between media website and booklet. This study used quasi experimental with (n=25) for website group and (n=23) for booklet group. Respondents participated in this study determined by inclusion criteria. Knowledge score acquired from pre test and post test questionnaire.Those result of the finding were analyzed by using statistical test. This study showed there was increasing knowledge score in respondenta between before and after get educational media in website ( on pre test-post test 1 from 71.43 to 85.71, p value= 0.005; and also on pre test-post test 2 from 71.43 to 85.71, p value<0.001) and in booklet (on pre test-post test 1 from 57.14 to 71.43, p value<0.001; and on pre test- post test 2 from 57.14 to 85.71, p value<0.001), but the statistical analysis showed there was no significance difference of knowledge between website group and booklet group. The conclusion in this research is website could increase respondent’s knowledge as same as booklet. Therefore, both booklet and website can be used as educational media according its characteristic which is suitable for the respondents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/302/051706133
Uncontrolled Keywords: Baduta, Skor Pengetahuan, Media Edukasi, Website, Booklet.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.9 Pediatrics and geriatrics > 618.92 Pediatrics / Infants--Care / Infants--Development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2017 01:12
Last Modified: 13 Oct 2020 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3862
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item