Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB), Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PG Krebet Baru Malang

Ghaby, Nur Kholifatul Fithriyah (2017) Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB), Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PG Krebet Baru Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor industri merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam pembangunan nasional. Karyawan sebagai sumber daya manusia merupakan elemen penting bagi suatu industri yakni menjadi pilar penyangga utama sekaligus penggerak roda perusahaan dalam usaha mewujudkan visi, misi dan tujuan perusahaan. Keberhasilan industri dalam mencapai tujuan tidak hanya ditentukan oleh perilaku karyawan yang menjadi tugas sesuai deskripsi pekerjaannya (in role behavior), tetapi perilaku karyawan yang berada di luar deskripsi kerjaannya (extra role behavior) juga mendukung berfungsinya suatu industri. Perilaku karyawan di luar tugas yang tercantum pada deskripsi pekerjaannya disebut Organizational Citizenship Behavior (OCB). Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh motivasi dan kepuasan kerja, serta OCB sebagai tindakan ekstra karyawan di luar tanggung jawabnya juga dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan serta pengaruh antara OCB, motivasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan. PG Krebet Baru Malang sebagai salah satu industri pengolahan gula yang memiliki karyawan tetap sejumlah 417 karyawan. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik stratified random sampling dengan bagian yang terdapat pada PG Krebet Baru Malang yakni Pabrikasi, Instalasi, Quality Control (QC), Akuntansi dan Keuangan, SDM dan Umum serta Tanaman. Teori Gay digunakan untuk memperoleh jumlah sampel dimana ukuran sampel yang dapat diterima berdasarkan pada desain penelitian yang digunakan yaitu untuk populasi yang jumlahnya relatif kecil, minimal sampel diambil adalah sebesar 20% dari jumlah populasi karyawan tetap PG Krebet Baru Malang. Data yang telah diperoleh akan diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian statisik menunjukkan lima hipotesis pada penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan. Hipotesis pertama terdapat pengaruh positif antar variabel OCB terhadap kepuasan kerja, perilaku OCB yang diterapkan semakin baik oleh karyawan PG Krebet Baru Malang mampu meningkatkan kepuasan kerja karyawan di perusahaan. Hipotesis kedua OCB juga memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan, karyawan yang menerapkan perilaku OCB dengan sangat baik mampu mempengaruhi kinerja karyawan dalam bekerja. Hipotesis ketiga, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dimana karyawan yang semakin puas dalam bekerja mampu meningkatkan kinerjanya dalam bekerja. Hipotesis keempat, kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan mediasi sebagian (partial mediation) hubungan antara OCB dan kinerja karyawan, dimana perilaku OCB dengan mempertimbangkan kepuasan kerja mampu memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kinerja karyawan. hipotesis kelima, motivasi memiliki pengaruh signifikan memoderasi hubungan antara OCB dan kepuasan kerja. Perilaku OCB yang diterapkan dengan baik mampu meningkatkan kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Kepuasan kerja yang baik mampu meningkatkan kinerja karyawan. Perilaku OCB tidak hanya memberikan pengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, tetapi juga berpengaruh tidak langsung yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Perilaku OCB yang diikuti motivasi yang tinggi mampu menurunkan kepuasan kerja. Pada penelitian ini variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah kepuasan kerja, sehingga dalam peningkatan kinerja karyawan perusahaan perlu memperhatikan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh OCB sehingga penerapan perilaku OCB perlu ditingkatkan secara aktif oleh karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

English Abstract

The industrial sector is one sector that plays an important role in national development. Employees as human resource is an important element for an industry i.e. be principal pillars at once wheel drive company in an effort to realize the vision, mission and goals of the company. The industry's success in reaching the goal is not only determined by the behavior of employees who become appropriate task description of his work (in a role behavior), but the behavior of employees who are beyond the descriptions gave (extra role behavior) also support the proper functioning of an industry. The behavior of employees outside the tasks that are listed in the description of their work called Organizational Citizenship Behavior (OCB). Employee performance can be affected by motivation and job satisfaction, extra role behavior as OCB can also exert influence on performance of a company. The purpose of this research was to know the linkages and influence between the OCB, motivation, job satisfaction and employee performance. PG Krebet Baru Malang as one of the sugar processing industry has a number of permanent employees 417 employees. Determination of the samples was done using stratified random sampling technique with part contained on PG Krebet Baru Malang i.e. fabrication, installation, Quality Control (QC), accounting and finance, HR and General and plants. Gay theory was used to obtain the number of samples where the sample size was acceptable based on the research design used i.e. for population numbers were relatively small, minimal samples taken was for 20% of the total population of employees remain PG Krebet Baru Malang. Data that had been retrieved would be processed and analyzed using the method of Partial Least Square (PLS). Test results showed the five hypotheses on this research had significant effects. The first hypothesis, there was a positive influence between variable OCB towarded job satisfaction, the behavior of OCB applied the better by PG Krebet Baru Malang’s employees was able to increase job satisfaction of employees in the company. The second hypothesis OCB also had a positive influence on performance of employees, employees who implemented the behavior of OCB very well was able to affect the performance of employees in work. The third hypothesis job satisfaction, positive effect on performance of employees whereby the employees were getting satisfied in work was able to improve its performance in the work. The fourth hypothesis job satisfaction had significant influence partial mediation relationship between employee performance and OCB, where OCB with regard to job satisfaction being was able to give a better influence on performance of employees. The fifth hypothesis, motivation had significant influence to moderate the relationship between job satisfaction and OCB. The behavior of OCB was applied properly can increase job satisfaction and performance of the employee. Good job satisfaction was able to improve the performance of employees. OCB behavior not only provides direct influence on performance of employees, but also the indirect effect mediated by job satisfaction. The behavior of OCB followed a high motivation was able to make the influence of OCB towarded job satisfaction lower. In this study the variables that had the greatest influence was the job satisfaction, resulting in increased performance of the employees of the company needs to pay attention to employee job satisfaction. Job satisfaction of the employees affected by the application of behavior so that OCB needs to be improved actively by employees to achieve company goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/470/051709318
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Motivasi dan Organizational Citizenship Behavior
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 158 Applied psychology > 158.7 Industrial psychology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:22
Last Modified: 29 Sep 2020 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3818
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item