Analisis Pengendalian Kualitas Pada Stasiun Penyelesaian Gula Menggunakan Metode Six Sigma Dan Konsep Kaizen (Studi Kasus Di Pg Kebon Agung Malang)

Dhani, Yosephine Fanisa (2017) Analisis Pengendalian Kualitas Pada Stasiun Penyelesaian Gula Menggunakan Metode Six Sigma Dan Konsep Kaizen (Studi Kasus Di Pg Kebon Agung Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PG Kebon Agung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan tebu menjadi gula. Produk utama yang dihasilkan oleh PG Kebon Agung adalah gula kristal putih. Proses produksi di PG Kebon Agung terdapat enam stasiun proses yaitu stasiun penggilingan, stasiun pemurnian, stasiun penguapan, stasiun masakan, stasiun putaran dan stasiun penyelesaian. Setiap stasiun proses produksi memungkinkan terjadinya kecacatan produk. Penelitian ini berfokus pada stasiun penyelesaian gula. Cacat produk yang terjadi berupa kemasan sobek, gula kotor dan jahitan rusak. Adanya produk cacat tersebut maka diperlukan tindakan pengendalian kualitas dengan menggunakan metode six sigma dan konsep Kaizen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang menyebabkan produk cacat, menentukan kemampuan proses stasiun penyelesain serta menentukan usulan perbaikan untuk mengurangi produk cacat. Pada penelitian pengendalian kualitas ini, metode yang digunakan adalah metode six sigma. Metode six sigma pada penelitian ini digunakan untuk mengukur nilai DPMO, level sigma dan kapabilitas proses. Metode six sigma yang digunakan dibatasi pada tahap define, measure, analyze dan improve. Metode six sigma pada penelitian ini digunakan untuk mengukur nilai DPMO, level sigma dan kapabilitas proses. Tahap improve dilakukan dengan menggunakan salah satu alat implementasi kaizen yaitu Five M Checklist untuk memberikan rekomendasi perbaikan agar mengurangi defect pada stasiun penyelesaian gula. Berdasarkan hasil penelitian jenis cacat terbesar adalah cacat kemasan sobek sebesar 61,64%. Stasiun penyelesaian berada pada level sigma 4,00 dengan nilai DPMO sebesar 6.159. Hasil nilai % final yield sebesar 98,11% dan indeks Cp sebesar 1,33. Usulan perbaikan yang dapat diberikan dengan Five M Checklist antara lain dengan menetapkan penjadwalan perawatan, melakukan pengawasan, menerapkan SOP, memberikan pelatihan, memberikan arahan untuk setting up, mengadakan evaluasi kerja, menambah penerangan dan mengganti lampu yang rusak, memberikan arahan menjaga kebersihan lingkungan kerja, memberikan kesempatan istirahat secara periodik dan pemeriksaan material kemasan dan tebu secara ketat

English Abstract

PG Kebon Agung is one of the companies in the processing of cane into sugar. This research focuses on finishing station. The main product produced by PG Kebon Agung is white crystal sugar. The process of production in Kebon Agung consist six process stations, those are milling station, purification station, evaporation station, cooking station, rounding station, and finishing station. However, each and every process station has a risk of product defects.The defects that often occurs are torn packaging, dirty sugar and broken seams. The phenomena of defect product must be solved by the control measures with using of Six Sigma method and Kaizen concept. This research aim to determine the causative factors that bring up the product defect, determine the ability of processes in finishing station, and determine the improvement suggestions to reduce the defective products. In this quality control research, the method used is six sigma. Six sigma method used is limited in define phase, measure analyze and improve. The improvement stage is done by using one of kaizen implementation tools that is Five M Checklist to give recommendation of improvement in order to reduce defect at sugar finishing station. Based on the result, it is known that the biggest defect type is torned packaging at 61,64%. The finishing station at PG Kebon Agung is at the sigma level of 4.00 with DPMO of 6,159.. The result of % final yield is 98,11% which certify the condition

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/465/051709313
Uncontrolled Keywords: Defect, Gula, Kaizen Five M Checklist, Level Sigma, Stasiun Penyelesaian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.562 Quality control
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:30
Last Modified: 24 Jun 2022 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3811
[thumbnail of Yosephine Fanisa Dhani.pdf] Text
Yosephine Fanisa Dhani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item