Hubungan Riwayat Pemberian ASI Dengan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Negeri Pembina 1 Kecamatan Klojen Kota Malang

Kurniawati, Yunita (2017) Hubungan Riwayat Pemberian ASI Dengan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Negeri Pembina 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia dini adalah asupan zat gizi yang diterima sejak bayi. Sejak bayi, anak diharapkan memperoleh ASI (Air Susu Ibu) sebagai sumber zat gizi esensial yang berperan penting untuk mendukung perkembangan kognitif anak baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat pemberian ASI (pemberian ASI eksklusif, pemberian kolostrum, dan durasi pemberian ASI) dengan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina 1. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling yang didasarkan pada kriteria tertentu. Data riwayat pemberian ASI dan perkembangan kognitif diperoleh melalui kuesioner dan lembar observasi perkembangan kognitif yang mengacu pada indikator Depdiknas. Berdasarkan hasil analisis univariat diketahui jika 63% anak mendapat ASI eksklusif, 88,9% diberi kolostrum, 53,7% selama >12 bulan, 29,6% memiliki perkembangan kognitif tergolong sedang dan 70,4% tergolong tinggi. Dan dari hasil analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat pemberian ASI eksklusif, durasi pemberian ASI dan pemberian kolostrum dengan perkembangan kognitif anak (Chi square, p=0,964; p=0,770; Fisher’s Exact, p=0,657). Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara riwayat pemberian ASI dengan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina 1.

English Abstract

One factor that can effect cognitive development in early childhood is nutrients. From infancy, children should be breastfed as a source of essential nutrients to support child cognitive development in short and long term period. This study aims to determine the relationship between history of breastfeeding (including exclusive breastfeeding intake, colostrum intake, and breastfeeding duration) and chid cognitive development at state kindergarten 1 of Pembina. The design of this study was observational analytic with cross sectional approach. Samples were selected using non probability sampling technique with purposive sampling method based on specific criteria. Breastfeeding history and child’s cognitive development data was obtained by a questionnaire and Depdiknas cognitive observation sheet. Based on the results of univariate analysis known if 37% exclusively breastfed, 88.9% given colostrum, 53,7% for >12 months, 29.6% had moderate cognitive development and 70.4% had high cognitive development. Bivariate analysis results showed that no significant association between history of exclusive breastfeeding, breastfeeding duration and colostrum intake and child’s cognitive development (Chi square, p=0.964;p=0.770; Fisher’s Exact, p=0.657). The conclusion of this study is there was no significant association between breastfeeding history and chid cognitive development at state kindergarten 1 of Pembina.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/271/051705752
Uncontrolled Keywords: perkembangan kognitif, riwayat pemberian ASI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics > 613.269 Human breast milk diet
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:57
Last Modified: 13 Oct 2020 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3799
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item