Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di Warung Sagu Cabang Jombang)

Royana, Afif (2017) Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di Warung Sagu Cabang Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Warung Sagu adalah salah satu jenis usaha dalam bidang kuliner berkonsep restoran yang menyediakan menu bebek goreng. Warung Sagu dihadapkan pada masalah persaingan bisnis yang semakin meningkat terutama di area Jombang Kota. Hal ini akan berdampak pada penurunan pendapatan, sehingga perusahaan perlu merumuskan strategi pemasaran untuk menstabilkan pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif strategi yang dirumuskan dari faktor-faktor yang menentukan dalam memasarkan produknya serta mendapatkan alternatif rumusan strategi pemasaran produk yang tepat dan dapat diterapkan untuk Warung Sagu Cabang Jombang. Pada penelitian ini, analisis yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah pemasaran yang ada yaitu menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). QSPM digunakan menentukan alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas untuk dijalankan perusahaan, sehingga metode ini dapat diaplikasikan pada Warung Sagu Cabang Jombang. Perencanaan strategi pemasaran dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan melalui perumusan alternatif strategi matrik IFE, terdapat nilai tertinggi dari setiap faktor. Faktor kekuatan yang memiliki skor total 0.180 sedangkan faktor kelemahan memiliki skor total 0.150. Alternatif matrik EFE, untuk faktor peluang memiliki skor total 0.356 sedangkan faktor ancaman memiliki skor total 0.316. Berdasarkan rata-rata nilai IFE sebesar 3.405 dan nilai EFE sebesar 3.448 matrik IE menunjukkan posisi pada kuadran I yaitu grow and build strategy kemudian dianalisis dengan merumuskan strategi alternatif melalui analisis matrik SWOT sehingga didapatkan alternatif untuk merumuskan strategi melalui QSPM tersebut serta dapat meningkatkan pendapatan Warung Sagu Cabang Jombang. Berdasarkan hasil penelitian, alternatif strategi yang didapatkan yaitu menjaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan pemasok dan mitra pendukung total TAS 6.624, memberikan layanan delivery order untuk konsumen total TAS 6.553, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk media promosi dan pemasaran total TAS 6.541, melayani pangsa pasar khusus dengan menyediakan menu paket tertentu total TAS 6.450, meningkatkan kinerja karyawan dan sistem manajemen perusahaan untuk meningkatkan performa Sumber Daya Manusia (SDM) total TAS 6.435, meningkatkan mutu produk dan layanan untuk menarik lebih banyak konsumen total TAS 6.418, meningkatkan fasilitas restoran total TAS 6.381, mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan total TAS 6.318. Hasil prioritas utama dari analisis tersebut yaitu menjaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan pemasok dan mitra pendukung dengan nilai TAS tertinggi yaitu 6.624.

English Abstract

Warung Sagu is the one of business in the field of culinary concept restaurant provides a menu of fried duck. Warung Sagu faces a growing business competition, especially in the area of Jombang City. This will result in reduced revenue, so the company needs to formulate marketing strategies to stabilize revenues. The purpose of this study is to get an alternative strategy that was formulated on the factors that determine in marketing their products and get an alternative formulation of the right strategy and product marketing can be applied to Warung Sagu at Jombang Branch. In this study, the analysis used to solve marketing problems that exist which use QSPM method (Quantitative Strategic Planning Matrix). QSPM is used to determine the alternative marketing strategy that becomes a priority to run the company, so this method can be applied to Warung Sagu at Jombang branch. Marketing strategy planned by identifying internal and external factors of the company through the formulation of alternative IFE matrix strategy, there is the highest value of each factor. The power factor has a total score of 0.180 while the weakness factor has a total score of 0.150. Alternative EFE matrix, for opportunity factor has a total score of 0.356 while the threat factor has a total score of 0.316. Based on the average IFE value of 3.405 and EFE value of 3.448 IE matrix shows the position in quadrant I that is grow and build strategy then analyzed by formulating alternative strategy through SWOT matrix analysis so that alternative to formulate strategy through QSPM and also can increase income of Warung Sagu at Jombang Branch. Based on the research results, obtained alternative strategy is to maintain communication and good relationships with suppliers and partners supporting total TAS 6.624, provide services delivery order TAS 6.553 to total consumer, utilizing advances in technology for media and marketing campaign total TAS 6.541, serving a particular market share by providing a specific package menu total TAS 6.450, improving the performance of employees and the company's management system to improve the performance of Human Resources (HR) total TAS 6.435, improve the quality of products and services to attract more consumers total TAS 6.418, increased the restaurant total TAS 6.381, Maintain consumer confidence in the company total TAS 6.318, Results of the analysis The main priority is to maintain communication and good relationships with suppliers and supporting partners with the highest TAS value 6.624.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/364/051709211
Uncontrolled Keywords: Matrik EFE, Matrik IFE, Pemasaran, SWOT, QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2017 01:09
Last Modified: 28 Dec 2020 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3748
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item