Perbedaan Skor Pengetahuan Tentang Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Kehamilan 2-24 Minggu Dengan Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Booklet Dan Website Di Kota Malang

Mufida, Rachmi (2017) Perbedaan Skor Pengetahuan Tentang Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Kehamilan 2-24 Minggu Dengan Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Booklet Dan Website Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mual muntah adalah salah satu masalah kehamilan yang harus ditangani salah satunya dengan pemberian edukasi menggunakan media yang sesuai dengan kebutuhan. Contoh media edukasi yang dapat digunakan adalah website dan booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan dengan pemberian edukasi gizi melalui dua media tersebut. Studi Kuasi Eksperimental menggunakan Pre-test–post-test randomized controlled trial dilakukan pada ibu hamil kehamilan 2-24 minggu, post-test dilakukan sebanyak dua kali dimana post-test kedua dilaksanakan satu minggu setelah edukasi diberikan. Responden dipilih menggunakan purposive sampling yang dibagi menjadi dua kelompok pada tiap puskesmas yang terpilih di masing-masing kecamatan yaitu kelompok edukasi gizi website (n=25) dan kelompok edukasi gizi booklet (n=24). Variabel yang diukur adalah skor pengetahuan tentang mual muntah pada media website dan booklet menggunakan metode Wilcoxon dan Mann Whitney. Terdapat peningkatan skor pengetahuan tentang mual muntah antara pre-test dan post-test 1 pada media website (dari 2 ke 4, p<0,001) dan booklet (dari 3 ke 4, p=0,001), tidak terdapat perbedaan antara post-test 1 dan post-test 2 pada media website (dari 4 ke 4, p=0,765) dan booklet (dari 4 ke 4, p=0,821), tidak terdapat perbedaan perubahan skor pengetahuan antara media website dan booklet, dan tidak terdapat perbedaan perubahan skor pengetahuan jangka panjang antara media website dan booklet. Kesimpulan penelitian ini adalah media website dan booklet terbukti efektif meningkatkan skor pengetahuan.

English Abstract

One way to resolve nausea and vomiting problem in pregnancy is to give nutritional education for pregnant woman by using appropriate media such as website and booklet. The purpose of this study was to determine the difference of nutritional education knowledge score about nausea and vomiting between educational media website and booklet. The research was a quasi-experimental research design with pre-test and post-test done in 2-24 weeks pregnant women. Post-test had done twice which second post-test was one week after education. Respondents had chosen by purposive sampling in each district of Kota Malang then be grouped to website group (n=25) and booklet group (n=24). Analysis of the data in this study was using Wilcoxon and Mann Whitney. From the results obtained the increase in knowledge score between before and after nutritional education in website (from 2 to 4, p<0,001) and booklet (from 3 to 4, p=0,001). There was not any differences knowledge score between post-test 1 and post-test 2 in website (from 4 to 4, p=0,765) and booklet (from 4 to 4, p=0,821). There was not any different change of knowledge score between website and booklet and there was not any different of long-term change of knowledge score between website and booklet. Based on this concluded that website and booklet are effective to increase knowledge score.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/281/051706169
Uncontrolled Keywords: Mual Muntah, Pengetahuan Ibu Hamil, Edukasi Gizi, Media Website dan Booklet
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.63 Pregnancy and childbirth
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:56
Last Modified: 17 Nov 2020 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3717
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item