Hubungan Harga Diri Dengan Perilaku Prososial Saksi Perilaku Bullying Pada Pelajar SMA

Hadi, Bagus Haria (2017) Hubungan Harga Diri Dengan Perilaku Prososial Saksi Perilaku Bullying Pada Pelajar SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan harga diri dan perilaku prososial saksi perilaku bullying pada pelajar SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan skala. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala Rosenberg Self-Esteem Scale dan skala Perilaku Prososial. Penelitian ini dilakukan pada 110 siswa SMA yang teridentifikasi sebagai saksi bullying dan telah mengisi skala dari CDC yang diterjemahkan oleh Pratiwi, dkk. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik nonparametric; korelasi Spearman’s Rank menggunakan SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi negatif antara harga diri dengan perilaku prososial saksi perilaku bullying, yaitu sebesar -0,047 dengan signifikansi 0,624. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dalam penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dengan perilaku prososial saksi perilaku bullying pada pelajar SMA.

English Abstract

This study aims to know if there is any correlation between self-esteem and prosocial behavior in bullying bystander in high school students. This study uses a quantitative method by using a scale. The researcher used non probability sampling by using purposive sampling technique. The instrument used for collecting data are Rosenberg‟s Self-Esteem Scale (1965) and Prosocial Behavior scale. The study was conducted on 110 high school students were identified as a bullying bystander and have filled scale of CDC that have been translated by Pratiwi et al. The data analysis is done by nonparametric statistic technic; Spearman's Rank correlation using SPSS 22.0 for Windows. Based on the result of data analysis, obtained negative correlation between self-esteem and prosocial behavior in bullying bystander that is -0.047 with a significance by 0.624. These results indicate that there is no significant correlation between self-esteem and prosocial behavior in bullying bystander in high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/417/051704777
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Perilaku Prososial, Saksi Bullying
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 179 Other ethical norms > 179.8 Vices, faults, failings
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Jul 2017 01:41
Last Modified: 14 Oct 2020 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/37
[thumbnail of Bagus Haria Hadi.pdf]
Preview
Text
Bagus Haria Hadi.pdf

Download (791kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item