Perancangan Penempatan Access Point Untuk Jaringan Wifi Pada Kereta Api Penumpang

Titahningsih, Prastise (2017) Perancangan Penempatan Access Point Untuk Jaringan Wifi Pada Kereta Api Penumpang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan jaringan Wi-Fi semakin mudah, bahkan sekarang dapat ditemui pada beberapa transportasi umum. Jadi bukan tidak mungkin jika diterapkan pada kereta api penumpang. Namun penerapan pada kereta api penumpang mungkin akan dihadapkan oleh beberapa permasalahan seperti coverage area (badan kereta api) yang berbahan dasar utama besi dan baja. Seperti halnya pada penelitian sebelumnya, bahwa mengamati rugi-rugi propagasi kereta api penting karena dapat mempengaruhi kekuatan sinyal.( Kita, Ito, Yokoyama, Tseng, Sagawa, Ogasawara, ) dan berdasarkan pada penelitian pengoptimasian jaringan wifi pada ruang perkulihan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti aspek propagasi, dan aspek coverage area. (widyaningsih, 2013) Oleh karena itu perlu dilakukan pengamatan dan perhitungan yang sesuai, sehingga dapat menghasilkan perancangan yang efektif. Hingga jarak terjauh yaitu 21 meter dari pemancar perhitungan Link Budget untuk nilai RSL adalah -43 dBm dan SOM adalah 51 dB, dengan nilai tersebut dapat diketahui bahwa sinyal yang terpancar dapat menyebar dengan baik. Dan untuk perhitungan jumlah Access Point berdasarkan jangkauan Access Point dan kapasitas client didapat minimal 3 Access Point yang dapat memenuhi kebutuhan dalam kereta api penumpang. Dan dari hasil penerapan pada simulasi dengan penempatan 3 Access Point, dengan power transmit maksimal 18 dBm dan juga penerapan kanal yang berbeda, telah menghasilkan nilai rata-rata RSSI - 35 dBm hingga -55 dBm, dimana dengan nilai tersebut karakteristik sinyal diartikan dalam keadaan sangat baik (Excellent).

English Abstract

The application of Wi-Fi networks is getting easier, even now it can be found on some public transport. So it is not impossible if applied to passenger trains. However, the implementation of passenger trains may be confronted by several issues such as coverage area (railway) which is made of iron and steel. As in previous research, observing railway propagation losses is important because it affects signal strength (We, Ito, Yokoyama, Tseng, Sagawa, Ogasawara,) and based on research on wifi network optimization in the recovery room there are several aspects that need Be considered as aspect of propagation, and coverage area aspect. (Widyaningsih, 2013) Therefore it is necessary to observe and calculate the appropriate, so as to produce an effective design. Up to the furthest distance of 21 meters from the Link Budget calculator the RSL value is -43 dBm and SOM is 51 dB, with the value known that the radiated signal can spread well. And for the calculation of the number of Access Point based on the reach of the Access Point and the capacity of the client obtained at least 3 Access Point that can meet the needs in passenger trains. And from the application of the simulation with the placement of 3 Access Point, with a maximum transmit power of 18 dBm and also the application of different channels, has resulted in an average value of RSSI -35 dBm to -55 dBm, which with the value of signal characteristics interpreted in very state Good (Excellent).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/714/051708226
Uncontrolled Keywords: Access Point , Link Budget, RSSI
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications > 004.68 Local-area network
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 12 Oct 2017 07:21
Last Modified: 11 Nov 2020 13:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3649
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item