Evaluasi Pengaruh Keamanan Data Dan Kepercayaan Pelanggan Pada Website E-Commerce PT. XYZ

Purnomo, Firman Eko (2017) Evaluasi Pengaruh Keamanan Data Dan Kepercayaan Pelanggan Pada Website E-Commerce PT. XYZ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. XYZ merupakan sebuah Joint-venture antara PT. Telkom Indonesia dan eBay. Memiliki sebuah konsep sebagai Online-Marketplace, PT. XYZ memiliki lebih dari ribuan merchant yang menawarkan berbagai jutaan produk dari berbagai kategori yang terjamin orisinalitas dan kualitasnya. Namun, peluang ini masih belum dimanfaatkan karena banyak survey pasar yang menegaskan bahwa banyak pengguna internet masih enggan untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Selain kepercayaan, keamanan data merupakan faktor penting pada e-commerce. Penelitian ini berguna untuk mengetahui faktor‐faktor yang memengaruhi seorang individu dalam pada penggunaan website e-commerce PT. XYZ. Model penelitian ini terdiri dari 7 variabel. Adapun variabel model terdiri dari Performance Expectancy, Effort Ecpectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Trust, Perceived Security dan Behavioral Intention. Pada penelitian ini akan menggunakan model yang diadaptasi dari model penelitian Junadi & Sfenrianto dan Yeoh Sok Foon. Model tersebut didapatkan dari penelitian sebelumnya dan diadaptasi untuk membuat model sesuai dengan penelitian. Analisis data pada penelitian ini bersumber pada hasil kuesioner yang dibagikan pada para pengguna website e-commerce PT. XYZ. Analisis menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Social Influence dan Perceived Security menjadi alasan mengapa orang‐orang memiliki keinginan untuk menggunakan website e-commerce PT. XYZ.

English Abstract

PT. XYZ is a Joint-venture between PT. Telkom Indonesia and eBay. Having a concept as Online-Marketplace, PT. XYZ has more than thousands of merchants offering millions of products from various categories guaranteed of originality and quality. However, this opportunity is still untapped as many market surveys confirm that many internet users are still reluctant to conduct online buying and selling transactions. In addition to trust, data security is an important factor in ecommerce. This research is useful to know the factors that affect an individual in the use of e-commerce website PT. XYZ. This research model consists of 7 variables. The model variables consist of Performance Expectancy, Effort Ecpectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Trust, Perceived Security and Behavioral Intention. This research using a model that was adapted from research model of Junadi & Sfenrianto and Yeoh Sok Foon. The model was obtained from previous research and adapted to make the model in accordance with the research. Data analysis in this research comes from questionnaires that was distributed to users of e-commerce website PT. XYZ. Analysis method for this research using Multiple Linear Regression. From the results of the research showed that the variables Social Influence and Perceived Security is the reason why people have the desire to use ecommerce website PT. XYZ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/701/051708213
Uncontrolled Keywords: PT. XYZ, UTAUT, Trust, Perceived Security, Regresi linier
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:34
Last Modified: 28 Sep 2020 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3584
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item