Tinjauan Yuridis Terhadap Merek Terkenal Terkait Unsur Persamaan Pada Pokoknya Oleh Merek Pihak Lain Yang Terdaftar (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 162 K/Pdt-HAKI/2014 Tentang Merek Gudang Garam Dan Gudang Baru)

Novitasari, Mega Ritfa (2017) Tinjauan Yuridis Terhadap Merek Terkenal Terkait Unsur Persamaan Pada Pokoknya Oleh Merek Pihak Lain Yang Terdaftar (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 162 K/Pdt-HAKI/2014 Tentang Merek Gudang Garam Dan Gudang Baru). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan dalam hal perlindungan merek terkenal terkait adanya persamaan pada pokoknya dengan merek pihak lain yang terdaftar. Sengketa merek terkenal sering terjadi di Indonesia, contohnya permasalahan merek terkenal yang menggugat merek lain karena memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek terkenal seperti kasus antara Gudang Garam dan Gudang Baru. Dalam putusan Mahkamah Agung menyatakan bahwa merek Gudang Baru tidak memilik persamaan pada pokoknya dengan merek Gudang Garam. Selanjutnya peneliti menganalisis pertimbangan hukum pada putusan Mahkamah Agung Nomor 162 K/Pdt-HAKI/2014 tentang Merek Gudang Garam dan Gudang Baru berdasarkan Undang-Undang Merek. Pemilihan penelitian ini berdasarkan fakta bahwa perlindungan terhadap merek terkenal di Indonesia kurang optimal karena sering kali merek terkenal harus menerima kekalahan ketika bersengketa di Pengadilan. Adanya permasalahan tersebut maka dapat menimbulkan ketidakadilan kepada merek terkenal serta menimbulkan kerugian pemilik merek terkenal. Oleh karena itu, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana perlindungan merek terkenal terkait persamaan pada pokoknya dengan merek pihak lain yang terdaftar berdasarkan Undang- Undang Merek ? (2) Bagaimana analisa pertimbangan hukum dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 162 K/Pdt-HAKI/2014 terkait kasus merek Gudang Garam dan Gudang Baru. Pada karya tulis ini, peneliti menggunakan metode yuridis normatif karena penelitian ini mengkaji dan membahas perlindungan merek terkenal dan selanjutnya menganalisis sengketa terkait merek terkenal berdasarkan Undang-Undang Merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), yaitu pendekatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, dan pendekatan kasus (case approach), yaitu pendekatan dengan mengkaji penerapan norma-norma atau kaidah hukum yang digunakan dalam praktik hukum yang ada di Pengadilan. Penulusuran bahan hukum didapatkan dengan cara studi kepustakaan (Library research) yaitu menganalisis peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan topik permasalahan. Tehnik analisis bahan hukum dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interprestasi dan analisis ekstensif. Dari hasil dari penelitian ini, peneliti berharap bahwa perlindungan merek terkenal terkait persamaan pada pokoknya terhadap merek pihak lain diberikan secara optimal agar sengketa merek terkenal dapat diselesaikan secara adil, sehingga pelanggaran merek terkenal dapat berkurang.

English Abstract

In this thesis, author raised problems in terms of protection of well-known trademark related similarity in substance by a trademark other parties that registered. Dispute Well-known trademark often occurred in Indonesia, for example problems well-known trademark who sues other trademark because it has similarity in substance or similarity in entire with a Wellknown trademark as cases between Gudang Garam And Gudang Baru. In decisions of the Supreme Court stated that trademark of Gudang Baru has no similarity in substance with a well-known trademark Gudang Garam. Then, author will analyze judicial consideration in decison of Supreme Court No.162 k / pdt-haki / 2014 about Trademark Of Gudang Garam and Gudang Baru. Election this research based on the fact that protection against well-known trademark in Indonesia less than optimal because often well-known trademark has to accept defeat when have dispute in court. The problems it can cause injustice to well-known trademark and causes loss of the wellknown trademark. Therefore, a piece of writing this issue raised the formulation: (1) how the protection of well-known trademark related similarity in substance by a trademark other parties registered for similar good or service trademark based on Act No. 15 year 2001 about Trademark? (2) how analysis of judicial consideration in decisions of the Supreme Court number 162 k / pdt-haki / 2014 related about Trademark of Gudang Garam And Gudang Baru? On a piece of this research, the autor used juridical normative method because this research study and discuss Well-known trademark protection and analyze dispute related Well-known trademark based on the act. This research approach using legislations approach based on Act No. 15 Years 2001 About Trademark and Act Number 20 Year 2016 About Trademark and Geographical Indications, also using case approach with assessing the application of norms or maxim law used in the practice of law that is in court. The exploring of legal material obtained by means of the study of literature and analyzing the legislation pertaining to the topic of the problems. Material technique analysis of law in this research using analysis method interpretation and extensive analysis. Through this research, the autor hope that dispute about protection of well-known trademark related similarity in substance by trademark of other parties given optimally and be fair, so well-known trademark disputes can be reduced.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/236/051709597
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.048 Intangible property > 346.048 8 Trademarks
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:03
Last Modified: 14 Oct 2020 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3516
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item