Evaluasi Layanan BPJSTK Mobile Dengan Menggunakan Domain Deliver, Service And Support Berdasarkan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mataram)

Cahyani, Ulfatisa (2017) Evaluasi Layanan BPJSTK Mobile Dengan Menggunakan Domain Deliver, Service And Support Berdasarkan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mataram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BPJSTK Mobile adalah aplikasi pelayanan untuk peserta sebagai bentuk perluasan media layanan informasi yang dihadirkan untuk pekerja yang ingin memastikan pemenuhan hak-haknya oleh perusahaan. Fitur ini memberikan akses kepada para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan informasi terkait status kepesertaan, besaran upah, dan perkiraan jumlah tenaga kerja di perusahaan tempatnya bekerja. Pentingnya layanan BPJSTK Mobile untuk melakukan kegiatan operasional menjadikannya harus dalam kondisi yang optimal, namun kurangnya tata kelola dalam penerapan teknologi informasi mengakibatkan kurang optimalnya perusahaan dalam menjalankan tugas dan pencapaian tujuan, sehingga BPJSTK Mobile perlu dievaluasi agar perusahaan dapat mengukur apakah teknologi informasi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Pada penelitian ini, standar tata kelola teknologi informasi yang digunakan adalah COBIT 5 dengan domain Deliver, Support, Services (DSS). Hasil dari penelitian menunjukkan Capability Level dari proses DSS01 berada pada level 2 yaitu managed process, proses DSS02 berada pada level 2 yaitu managed process, proses DSS03 berada pada level 1 yaitu performed process, proses DSS04 berada pada level 1 yaitu performed process, proses DSS05 berada pada level 1 yaitu performed process dan proses DSS06 berada pada level 1 yaitu performed process. Rekomendasi yang diberikan adalah memperbaiki kegiatan proses bisnis dengan memanfaatkan aplikasi secara optimal dan membuat standard operasional procedure (SOP) yang lengkap terkait dengan teknologi informasi perusahaan.

English Abstract

BPJSTK Mobile is a service application for participants as a form of expansion of the information service media presented to workers who want to ensure the fulfillment of their rights by the company. This feature provides access to Participating Employees of BPJS Employment to convey information regarding membership status, wage amount, and estimated workforce in the company where they work. The importance of BPJSTK Mobile service to conduct operational activities should be optimal, but the lack of governance in the application of information technology resulted in less optimal company in carrying out the task and achievement of goals, so BPJSTK Mobile needs to be evaluated so that the company can measure whether the information technology implemented is in accordance with the expected. In this study, the information technology governance standards used are COBIT 5 with the Deliver, Service. Support (DSS) domain. The result of this research shows that Capability Level of process DSS01 is at level 2 that is managed process, process DSS02 is at level 2 that is managed process, process DSS03 is at level 1 performed process, DSS04 is at level 1 performed process, DSS05 is at level 1 performed process and DSS06 is at level 1 is performed process. Recommendations are to improve business process activities by optimally utilizing the application and create a complete standard operating procedure (SOP) related to enterprise information technology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/652/051708164
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, tata kelola teknologi informasi, Framework COBIT 5, Domain DSS (Delivery, Service, and Support), BPJS Ketenagakerjaan, BPJSTK Mobile
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:00
Last Modified: 12 Oct 2020 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3483
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item