Sutriyono, Bibit (2017) Analisis Kekuatan ROPS Traktor XP750 Akibat Rollover Dengan Menggunakan Pemodelan Uji Pendulum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
ROPS adalah suatu sistem perlindungan yang digunakan untuk mengurangi kemungkinan operator berbenturan langsung dengan media tanah maupun jalan secara langsung dari kematian dan cedera saat terjadi kecelakaan terguling (rollover) dengan standar uji yang sudah ada di berbagai negara. Dalam penelitian ini standar uji yang digunakan adalah UN-ECE R66 yang bertujuan untuk melindungi pengendara dalam kondisi aman dengan melakukan analisis pada kekuatan dari ROPS traktor XP750. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu atau simulasi komputer berbasis elemen hingga. Analisis kekuatan yang digunakan adalah bentuk penampang: circular dan rectangular dan radius fillet: 0 mm, 100 mm, dan 200 mm dengan hasil yang digunakan adalah tegangan, deformasi, dan penyerapan energi. Dengan standar uji pendulum dari UN-ECE R66 yaitu struktur akan ditabrak oleh impactor (pendulum) dengan sudut impactor 20˚ dan kecepatan yang digunakan 3,47 m/s serta massa pendulum dicari menggunakan persamaan Epotensial = Ekinetik. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah dilakukan dengan simulasi, Tegangan rata – rata yang terjadi pada semua model mengalami penurunan seiring penambahan radius fillet yang diberikan, baik dalam bentuk penampang circular maupun rectangular. Sedangkan untuk tegangan maksimum yang terkecil yaitu pada ROPS bentuk penampang circular dengan radius fillet 100 mm. Untuk deformasi bentuk penampang rectangular masih bisa dikatakan dalam kondisi aman dibandingkan dengan ROPS dengan bentuk penampang circular. Dan Penyerapan energi ROPS dengan bentuk penampang rectangular memiliki energi penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ROPS bentuk penampang circular.
English Abstract
ROPS is a protection system used to reduce the possibility of operators clashing directly with soil and road media directly from deaths and injuries during rolling accidents with existing test standards in various countries. In this study the test standard used is the UN-ECE R66 which aims to protect the riders in a safe condition by performing an analysis on the strength of the ROPS truck XP750. The method used in this research is false experimental or computer simulation based on finite element. The strength analysis used is the cross-sectional shape: circular and rectangular and fillet radius: 0 mm, 100 mm, and 200 mm with the result used is stress, deformation, and energy absorption. With the standard pendulum test of UN-ECE R66 the structure will be hit by impactor (pendulum) with 20˚ and velocity used 3.47 m / s and pendulum mass sought using Epotensial = Ekinetik. Based on the results and discussions that have been done with the simulation, the average stresses that occur in all models decrease as the addition of given fillet radius, either in the form of circular or rectangular cross section. As for the smallest maximum stress is on the ROPS of the circular cross-section with a radius of 100 mm fillet. For deformation the rectangular sectional shape can still be said to be in safe condition compared to the ROPS with circular sectional shape. And energy absorption of ROPS with rectangular sectional shape has a higher absorption energy compared to the ROPS of the circular cross-sectional shape.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/807/051708650 |
Uncontrolled Keywords: | ROPS, Rollover, Standar Uji (UN-ECE R66), Traktor XP750 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 00:50 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3365 |
Text
BIBIT SUTRIYONO.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |