Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Disclosure Oleh Pengguna Facebook Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)

Ningroem, Aniela Cahya (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Disclosure Oleh Pengguna Facebook Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial merupakan teknologi web berbasis internet yang memudahkan semua pengguna untuk dapat berkomunikasi, berpartisipasi, saling berbagai dan membentuk sebuah jaringan secara online dan menyebarluaskan konten mereka sendiri. Facebook merupakan layanan jaringan sosial yang dapat mengundang teman dengan jumlah pengguna yang aktif sebesar aktif 47%. Dengan banyaknya pengguna yang menggungah informasi pribadi pada Facebook pengguna dapat mempublikasikan informasi pribadi diri pada Facebook dan memiliki beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna dalam mempublikasikan pengungkapan diri pada Facebook. Menurut analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Dalam penelitian ini terdapat tujuh variabel laten adalah Perceived Control, Trust in Povider, Trust in Member, Risk, Habit, Self Disclosure, dan Benefit. Maka dalam analisis SEM terdapat tiga tahapan yang harus diuji adalah Confirmatory Factor Analiysis (CFA) dengan Measurement model, Overall model fit dan Struktural model fit dengan Path analysis. Maka hasil dari pada penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi pengguna dalam mempublikasikan diri melalui informasi pribadi diri yang mengunggah informasi pribadi diri dengan trust in member antara benefit dengan self discosure, perceived control dengan perceived control dengan trut in provider, trust in provider dengan risk dan perceived control dengan trust in member.

English Abstract

Social media is a web based on internet that facilitate all users can communicate, participate, mutual sharing and forming an online network and disseminate their own content. Facebook is social network service that can invited friends to the number of active users by 47 % . With the number of users who upload personal information on facebook users can publish their personal information on facebook and has several factors. The purpose of this study reseach can find factors that affect the users in publish self disclosure on facebook. Accoding to factors analysis that used in this research is Structural Equation Modeling (SEM). In this research there are seven variable latent is Perceived Control, Trust in Povider, Trust in Member, Risk, Habit, Self Disclosure, and Benefit.So in the SEM analysis there are three stages steps that should be tested is Confirmatory Factor Analiysis (CFA) with Measurement model, Overall model fit and Struktural model fit with Path analysis. So the result of this research is the factors that affect users in self-publish through personal information upload self personal information with trust in member between benefit with self discosure, perceived control with perceived control with trust in providers, trust in provider by risk and perceived control with trust in member.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/618/051708130
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Structural Equation Modeling (SEM), Facebook
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:57
Last Modified: 19 Nov 2020 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3354
[thumbnail of Aniela Cahya Ningroem.pdf]
Preview
Text
Aniela Cahya Ningroem.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item