Implementasi Proses Desain Interaksi Pada Telepon Genggam Untuk Anak-Anak Berbasis Arduino Nano

Setyowati, Oktaviany (2017) Implementasi Proses Desain Interaksi Pada Telepon Genggam Untuk Anak-Anak Berbasis Arduino Nano. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telepon genggam merupakan alat telekomunikasi dua arah yang dapat dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan mengirimkan pesan berupa suara. Setiap orang pada jaman sekarang membutuhkan telepon genggam untuk segala kebutuhannya. Beragam model dan aplikasi pendukung telepon genggam banyak yang beredar dipasaran mulai dari telepon genggam dilengkapi fitur seperti layar sentuh, kamera, internet dan media sosial. Pengguna alat komunikasi ini sudah mulai beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena semakin mudahnya akses yang dimiliki telepon genggam pada masa kini, anak-anak pun terkadang diluar batas wajar pemakaian dan menimbulkan dampak negatif. Anak-anak dapat membuka konten yang tidak sesuai pada umurnya sehingga menimbulkan tingkah laku sosial yang tidak pada umurnya, anak-anak pun kesulitan menggunakan telepon pintar yang beredar saat ini dikarenakan terlalu beragam fitur yang tersedia. Untuk mempermudah dan menjaga penggunaan telepon genggam anak-anak, pada penelitian ini akan dibuat sebuah telepon genggam yang mempermudah anak-anak dalam penggunaannya dan sesuai pada umurnya berdasarkan beberapa tahap desain interaksi what is wanted, analysis, design prototype, implement. Telepon genggam ini akan dibuat tanpa tampilan layar dengan 4 push button dengan masing-masing kegunaannya. Button dilengkapi dengan gambar emoticons menarik sesuai yang mudah dijumpai pada telepon pintar masa kini. Fungsi 4 button tersebut masing-masing adalah untuk menghubungi ayah, ibu, guru dan menerima panggilan. Pada telepon genggam ini komponen yang digunakan terdiri dari speaker, mikrofon, SIM 800, keypad, Arduino Nano, buzzer, dan Arduino IDE. Dari segi pengujian usabilitas telepon genggam dengan skala likert yang melibatkan 30 anak-anak taman kanak-kanak, kategori kegunaan, kepuasan. Kemudahan digunakan dan dipelajari mendapat nilai rata-rata 4. Pengujian keypad dengan melibatkan 2 guru taman kanak-kanak menyatakan bahwa guru merasa kesulitan menggunakan alat ini dikarenakan tidak tersedia layar saat pengetikan, dan mereka kesulitan memahami serial monitor pada Arduino IDE.

English Abstract

A handphone is a two-way telecommunication tool that can be so easy to bring it anywhere and has the ability to send a voice message. People nowadays need a handphone for all their need. There are also many features that support handphone nowadays, such as touch screen, camera, internet and social media. Many kind user of this communication tool, from children to adults. Children are sometimes beyond the normal usage limits and have negative impact, because of the easier accessibility using handphone in nowadays, children also have difficulty using the smartphone currently in varied features available nowadays. Children can open content that is not appropriate for their age resulting in their social behavior that is not suitable for their childhood, . Because of this case, in this research to simplify and maintain usage of a handphone for children which create based on several stages of interaction design that are : “what is wanted”, “analysis”, “design prototype”, and “implement”. This handphone will be made without screen, there are just 4 buttons with each functions. Each button equipped with an attractive emoticon that usually used in any smartphones currently. The functions are for calling your father, mother, teacher dan recieving a call. This handphone used component consists of speaker, microphone, SIM 800, keypad, Arduino Nano, buzzer, and Arduino IDE. In terms of handphone usability testing with Likert scale involving 30 children kindergarten, usability category, satisfaction. Ease of use and study score average 4. Testing keypad by involving 2 kindergarten teachers stated that teachers find it difficult to use this tool because there is no screen available when typing, and they are difficult to understand serial monitor on Arduino IDE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/614/051708126
Uncontrolled Keywords: Anak-Anak, Telepon Genggam, Desain Interaksi
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.015 1 Finite mathematic
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:10
Last Modified: 09 Dec 2020 15:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3345
[thumbnail of Bagian Depan.pdf] Text
Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[thumbnail of BAB VII.pdf] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Actions (login required)

View Item View Item