Analisis Posisi Iklan Banner Pada Situs Web Berita Online Terhadap Klik Dan Ad Recognition

Zalma, Oktavia (2017) Analisis Posisi Iklan Banner Pada Situs Web Berita Online Terhadap Klik Dan Ad Recognition. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan online, khususnya iklan banner, merupakan sumber aliran dana utama pada banyak situs web yang menyediakan pelayanan gratis terhadap penggunanya, salah satunya adalah situs web berita online. Akan tetapi, iklan banner memiliki kecenderungan untuk diabaikan atau dihindari oleh pengguna internet, sehingga mengakibatkan tujuan dari pemilik iklan tidak tercapai dan pengelola situs web berita online pun tidak mendapatkan aliran dana yang maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi iklan yang efektif, dilihat dari perilaku pengguna dalam mengeklik iklan dan tingkat kesadaran adanya iklan (ad recognition) terhadap delapan posisi iklan banner yang terdapat pada situs web berita online secara umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik user testing dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini berupa gambaran pola perilaku pengguna terhadap perolehan klik dan tingkat ad recognition, sehingga dapat menghasilkan rekomendasi posisi pemasangan iklan banner pada situs web berita online. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa posisi iklan yang paling cepat menarik perhatian pengunjung dan yang mendapatkan jumlah klik paling banyak adalah floating di ujung kanan, yang paling cenderung diabaikan adalah di bawah kiri, yang memiliki tingkat ad recognition paling tinggi adalah di bawah kanan, dan yang paling diingat pengunjung dalam melakukan klik adalah floating di ujung kiri.

English Abstract

Online advertising, especially banner ads, is a major source of cash flow on many websites that provide free services to its users, one of them is an online news website. However, banner ads have a tendency to be ignored or avoided by internet users, resulting in the objective of the advertiser not being achieved and the owner of online news websites are not getting the maximum revenue stream. Therefore, this study aims to find out the position of an effective banner ad, viewed from click-trough rate and ad recognition of each of eight positions banner ads contained on the online news website in general. This research uses descriptive qualitative method with user testing and questionnaire technique. The result of this study is a description of user behavior pattern toward click-through rate and ad recognition so that it can generate recommendations of effective banner ads position. From this study, it can be known that the fastest ad position in attracting visitors and has the most number of clicks is floating on the right edge, the position that most likely to be ignored is on the bottom left, the position that has the highest ad recognition is on bottom right, and the position that most remembered by visitors in clicking an ad is floating on the left edge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/610/051708122
Uncontrolled Keywords: Berita online, Iklan banner, Posisi iklan, Klik, Ad Recognition
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.4 Computer pattern recognition
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Oct 2017 01:37
Last Modified: 02 Oct 2020 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3333
[thumbnail of Oktavia Zalma.pdf] Text
Oktavia Zalma.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item