Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pada Samsat Wisata, SAMSAT Kenjeran, Surabaya Utara)

Dayana, Adlina Izzati Farah (2017) Inovasi Pelayanan Publik (Studi Pada Samsat Wisata, SAMSAT Kenjeran, Surabaya Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi pelayanan publik yang berupa adanya SAMSAT Wisata yang digagas oleh SAMSAT Kenjeran memiliki tujuan untuk membuat terobosan baru dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dapat dilakukan di tempat-tempat wisata. Jadi membayar pajak kendaraan tidak harus dilakukan di kantor SAMSAT Induk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana inovasi pelayanan publik di SAMSAT Kenjeran dan untuk mendeskripsikan serta menganalisis apa saja tantangan dan memberikan inovasi baru dalam inovasi pelayanan publik yang diberikan oleh SAMSAT Kenjeran. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi kepada pegawai SAMSAT Kenjeran, Surabaya Utara. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa selama pengamatan penulis, inovasi pelayanan publik SAMSAT Wisata ini melibatkan Dinas Pendapatan Daerah khususnya UPT Dinas Pendapatan Surabaya Utara, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), dan PT. Jasa Raharja yang menggunakan 3 (tiga) tahapan proses Implementasi kebijakan menurut Soenarko (2005:187) yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pengorganisasian, Tahap Penerapan. Terdapat beberapa tantangan yang dihadapi yaitu sulitnya mengajak masyarakat untuk taat pajak, sulitnya mendapatkan dana untuk merealisasikan kegiatan, serta sulitnya untuk mendapatkan perizinan menggunakan lokasi yang ingin digunakan untuk SAMSAT Wisata. Saran untuk inovasi pelayanan ini adalah Memperluas ruang pelayanan dengan menambah jumlah tempat SAMSAT Wisata di beberapa tempat-tempat wisata yang strategis di Surabaya Utara serta menambah jenis layanan, misalnya ditambah dengan pelayanan pengesahan PKB lima tahunan.

English Abstract

Innovation of public service of existence of SAMSAT Wisata was initiated by SAMSAT Kenjeran has a goal to make new breakthroughs in the motor vehicle’s tax payments can be at tourism areas. So to pay tax a vehicle doesn't have in the Office of SAMSAT. The purpose of this research was to know and describe how the public service innovation in SAMSAT Kenjeran and to describe and analyze what are the challenges and provide new innovation in innovation of public service given by SAMSAT Kenjeran. Type of this research is to use qualitative research with the descriptive approach with the analysis developed by Miles and Huberman, data collection, data presentation, data condensation and the withdrawal of the conclusion. Data collection using observation techniques, direct interviews, and documentation to the officer of SAMSAT Kenjeran, Surabaya. The results of this research, showing that during the author's observations, public service innovation of SAMSAT Wisata involves the regional Revenue Office especially UPT Service Revenue North of Surabaya, police of Republic of Indonesia (the NATIONAL POLICE), and PT Jasa Raharja. Which uses three (3) stages of the Policy Implementation process according to Soenarko (2005:187) is a preparation phase, stage, stage of organizing implementation. There are several challenges facing such difficult urge people to obey tax, the difficulty of obtaining funds for the realization of activities, as well as the difficulty to get permissions to use the location you want to use for SAMSAT. Recomendation for public service innovation is expanding its service room by adding the SAMSAT Wisata in several tourist attractions in North Surabaya as well as add service type, for example, add with a service legality PKB five yearly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/857/051709129
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, SAMSAT Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.76 Transportation > 354.765 Automotive transportation > 354.765 284 Licensing, accreditation, certification, chartering, registration; incorporation
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:30
Last Modified: 11 Oct 2020 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3317
[thumbnail of ADLINA IZZATI FARAH DAYANA.pdf]
Preview
Text
ADLINA IZZATI FARAH DAYANA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item