Analisis Kepuasan Petani Bunga Krisan Potong Terhadap Insektisida ASMEC 36 EC di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Ramadhani., Febriana Dian Indranisa (2017) Analisis Kepuasan Petani Bunga Krisan Potong Terhadap Insektisida ASMEC 36 EC di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permintaan bunga krisan potong yang semakin meningkat membuat petani di Indonesia berusaha untuk membudidayakan bunga tersebut. Dalam melakukan budidaya, petani krisan potong menemui permasalahan terkait hama thrips. Oleh karena serangan hama thrips yang dapat merugikan, maka petani memutuskan untuk menggunakan insektisida. Insektisida ASMEC 36 EC termasuk jenis insektisida kimiawi. Petani bunga krisan potong di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu memilih insektisida ASMEC 36 EC untuk membasmi hama selama tiga tahun terakhir dan masih berlanjut sampai sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis tingkat kepuasan petani bunga krisan potong dan (2) Untuk menganalisis tingkat loyalitas petani bunga krisan potong terhadap penggunaan insektisida ASMEC 36. Hipotesis atau jawab sementara dari penelitian ini yaitu diduga petani bunga krisan potong merasa puas terhadap insektisida ASMEC 36 EC dan untuk tingkat loyalitas diduga petani bunga krisan potong termasuk dalam tingkatan committed buyer. Penelitian ini dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Pemilhan lokasi penelitian dikarenakan Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa yang dikenal sentra bunga hias. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yang pengambilan sampelnya disesuaikan dengan tujuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk melihat tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan produk serta melihat variabel yang perlu dilakukan pembenahan, Customer Satisfaction Index (CSI) yang digunakan untuk melihat nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap produk, dan analisis deskriptif loyalitas untuk melihat tingkat loyalitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh (1a) Berdasarkan IPA, nilai rata-rata kesesuaian sebesar 104.53% dan dapat dikatakan sudah sesuai harapan konsumen. Selain itu, variabel yang perlu mendapat perhatian dari perusahaan adalah variabel Permasalahan Hama Thrips, Kehematan, Harga Terjangkau, Ketahanan Kemasan. (1b) Berdasarkan CSI didapatkan nilai sebesar 71.6% dan masuk kategori puas. (2) Berdasarkan analisis deskriptif tingkat loyalitas mayoritas petani masuk kedalam tingkat liking the brand. Hasil ini menunjukan emosional petani bunga krisan potong telah lekat dengan produk ini selama beberapa tahun.

English Abstract

The increasing ofdemand for crop-chrysanthemum flowers makes farmers in Indonesia trying to cultivate these flowers. In conducting the cultivation, crop-chrysanthemum’s farmers encountered problems related to thrips pests. Due to thrips pest attacks that can be detrimental them, the farmers decided to use insecticides. ASMEC 36 EC including chemical insecticide type. Farmers of crop-chrysanthemum in Sidomulyo Village, Batu Sub-district, Batu City choose ASMEC 36 EC insecticide to eradicate the pest for the last three years and still continue until now. The purpose of this research is (1) To analyze the satisfaction level of crop-chrysanthemum farmers and (2) To analyze the loyalty level of crop-chrysanthemum farmers for using insecticide ASMEC 36. The hypothesis or temporary answer on this research is allegedly the crop-chrysanthemum’s farmers was satisfied with Insecticide ASMEC 36 EC and for the level of loyalty allegedly crop-chrysanthemum’s farmers included in the level of committed buyer. This research was located in Sidomulyo Village, Batu Sub-District, Batu City. Selection of research location because of Sidomulyo Village is one of the known village as an ornamental floral center. The technique to determining the sample used is purposive sampling which sampling is adjusted to the purpose of research. The method that used in this research is Importance Performance Analysis (IPA) which is used to see the level of suitability between the performance and the importance of the product and to see the variables that need improvement, Customer Satisfaction Index (CSI) used to see the value of consumer satisfaction to the product, And descriptive analysis of loyalty to see the level of loyalty. From the results of research conducted obtained (1a) Based on IPA, the average value of suitability is 104.53% and its mean it have been appropriate consumer expectations. In addition, the variables that need attention from the company are variables Thrips Problems, Thrifty, Affordability, Packaging Sustainability. (1b) Based on the CSI obtained the level of satisfaction is 71.6% and entered the satisfied category. (2) Based on descriptive analysis loyalty level majority of farmers enter into level of liking the brand. These results show the emotional between crop-chrysanthemum’s farmers has been attached to this product for several years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/228/051705128
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 635 Garden crops (Horticulture) > 635.9 Flowers and ornamental plants
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:05
Last Modified: 28 Sep 2020 12:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/330
[thumbnail of Ramadhani., Febriana Dian Indranisa.pdf]
Preview
Text
Ramadhani., Febriana Dian Indranisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item