Implementasi Program Pengembangan Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi Implementasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Berjenjang Dalam Meningkatkan Kualitas Paud Pada Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu)

Kusumawati, Tri (2017) Implementasi Program Pengembangan Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi Implementasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Berjenjang Dalam Meningkatkan Kualitas Paud Pada Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perhatian terhadap anak usia dini semakin serius sejak dicanangkannya education for all (pendidikan untuk semua) di Jomtien, Thailand 1999 (dalam Hasyim, etc. 2009:6) yang memperjuangkan kesejahteraan bagi anak di seluruh dunia. Education for all menyepakati perlunya pendidikan untuk semua orang sejak lahir sampai menjelang ajal. Sehingga harus diimbangi dengan kualitas pendidik yang memadai. Di desa Pendem untuk PAUD masih memiliki kualitas SDM atau pendidik PAUD yang belum memadai, rata-rata mereka lulusan terakhir sekolah menengah atas (SMA). Sehingga pemerintah membuat Program Diklat Berjenjang untuk meningkatkan kualitas pendidik PAUD dan mengimplementasikan di lembaga PAUD masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis implementasi Program Pengembangan Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi Implementasi Program Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang dalam Meningkatkan Kualitas PAUD pada Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu). Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Fokus penelitian ini adalah kelompok sasaran implementasi program, stakeholders yang terlibat, koordinasi antar lembaga dan hasil dari implementasi program. Pembahsan yang digunakan adalah analisis data menggunakan teori yang dikemukakan oleh Grindle (1980) yang terdiri dari konten dan konteks kebijakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Diklat Berjenjang merupakan program yang dibuat berdasarkan minimnya kualitas pendidik PAUD. Program tersebut telah terlaksana dengan cukup baik mulai tahun 2012 dengan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh pada saat mengikuti diklat. Namun dalam pelaksanaannya tidak lepas adanya hambatan dan dukungan pada saat implementasi program, sehingga menjadikan implementasi program sedikit terhambat.

English Abstract

Attention to early childhood has become more serious since the launch of education for all in Jomtien, Thailand 1999 (in Hasyim, etc. 2009: 6) that fights for the welfare of children around the world. Education for all agreed on the need for education for everyone from birth to dying. So it must be balanced with the quality of educators who are adequate. In Pendem village for PAUD still have inadequate quality of human resources or PAUD educators, on average they are senior high school graduates (SMA). So that the government created the Program of Training of Tiered to improve the quality of PAUD educator and implement in PAUD institution respectively. The purpose of this research is to describe and analyze the implementation of Educator Training Program in Improving the Quality of Early Childhood Education (PAUD) (Study Implementation of Training Program and Tiered in Improving PAUD Quality in Pendem Village, Junrejo Sub-District, Batu City). Researchers use descriptive research type with qualitative approach. Data obtained through observation, interview and documentation in the field. The focus of this research is the target group of program implementation, the stakeholders involved, inter-institutional coordination and the outcome of the program implementation. The discussion used is data analysis using the theory proposed by Grindle (1980) which consists of policy content and policy context. The results of this study indicate that the program is a program that is made based on the lack of quality PAUD educators. The program has been implemented quite well from 2011 by implementing the knowledge gained during the training. But in its implementation is not separated the obstacles and support at the time of implementation of the program, thus making the implementation of the program a little hampered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/872/051709154
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, PAUD, Kualitas Pendidik PAUD
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Oct 2017 02:14
Last Modified: 30 Oct 2020 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3275
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bagian Depan.pdf] Text
Bagian Depan.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB)

Actions (login required)

View Item View Item