Pembangunan Modul Penunjang Pembelajaran Di Kelas Untuk Aplikasi Brawijaya Messenger Dengan Platform Firebase

Ramadhan, Aditya Orba (2017) Pembangunan Modul Penunjang Pembelajaran Di Kelas Untuk Aplikasi Brawijaya Messenger Dengan Platform Firebase. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Messenger apps adalah perangkat untuk melakukan komunikasi antar pengguna melalui layanan internet disaat sedang online pada waktu yang bersamaan. Pada tahun 2005 pertumbuhan penggunaan Messenger apps meningkat 19%, oleh karena itu messenger apps semakin diminati dan dipilih oleh para mahasiswa untuk membantu proses pembelajaran di kelas, karena messenger apps memiliki fitur yang dapat mengirimkan pesan secara instant kepada seluruh anggota kelas maupun dosen pengajar yang terlibat di dalam group kelas. Dengan pemanfaatan messenger apps oleh mahasiswa maka dilakukanlah penelitian untuk membangun suatu messenger apps yang dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dan dosen untuk menunjang pembelajaran. Oleh karena itu diperlukanah modul-modul atau beberapa fitur yang dapat menunjang pembelaran dikelas. Sehingga pada peneitian ini penulis akan lebih membahas terkait pembangunan suatu modul/fitur yang perlu ditambahkan pada Brawijaya Messenger, sedangkan untuk pembahasan terkait pemabangunan Brawijaya Messenger secara umum dilakukan pada penelitian lain secara terpisah. Dengan memanfaatkan platform firebase penulis ingin membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan melakukan pembangunan modul penunjang pembelajaran di kelas untuk aplikasi brawijaya messenger pada universitas brawijaya, yang nantinya dari aplikasi tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran yang inovatif dan berguna. Berdasarkan hasil pengujian compability Brawijaya Messenger setelah ditambahkan modul penunjang pembelajaran dihasilkan bahhwa aplikasi Brawijaya Messenger dapat berjalan dengan lancar, dan tidak terjadi error pada OS android versi lollipop, marshmallow.

English Abstract

Messenger apps are devices for communicating between users through internet service while being online at the same time. In 2005 the growth of Messenger apps increased by 19%, therefore the messenger apps are increasingly in demand and selected by students to help the learning process in the classroom, because messenger apps have a feature that can send instant messages to all class members and lecturers involved In the class group. With the utilization of messenger apps by students then do the research to build a messenger apps that can fulfil the needs of students and lecturers to support learning. Therefore it is necessary modules or some features that can support the classroom. So in this study the author will be more discussed related to the development of a module / feature that needs to be added on Brawijaya Messenger, while for discussion related to the development of Brawijaya Messenger is generally done in other research separately. By utilizing the firebase platform the writer wants to help solve the problem by doing the development of learning support module in the classroom for brawijaya messenger application at UB, which later from the application is expected to be used as a supporting tool for innovative and useful learning. Based on the results of Brawijaya Messenger compability testing after added learning support modules generated that the Brawijaya Messenger application can run smoothly, and no errors on the android OS lollipop version, marshmallow.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/593/051708105
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Messenger, Group Kelas Otomatis, Organisasi File
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications > 004.69 Specific kinds of computer communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:38
Last Modified: 06 Dec 2020 15:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3258
[thumbnail of Ramadhan, Aditya Orba.pdf]
Preview
Text
Ramadhan, Aditya Orba.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item