Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus : Go-Jek Indonesia)

Andilala, Muh Edo Aprillia (2017) Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus : Go-Jek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

GO-JEK Indonesia merupakan transportasi berbasis online dengan pengguna paling banyak di Indonesia dengan persentase sebesar 21,6 %. Konsumen memiliki kepercayan lebih terhadap GO-JEK daripada jasa transportasi yang lain. Salah satu hal yang dipertimbangkan dalam memilih sebuah produk atau layanan adalah harga. Selain itu terdapat persepsi ukuran , persepsi reputasi, dan kualitas layanan yang dianggap memiliki pengaruh positif terhadap kepercayan konsumen GO-JEK. Permasalahan yang ada yaitu belum diketahui pengaruh antara harga, persepsi ukuran, persepsi reputasi dan kualitas layanan dengan kepercayaan. Selain itu, belum diketahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kepercayaan. Regresi linier berganda digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut. Data primer didapatkan dari kuisioner yang disebarkan secara online. Uji F dan uji T dilakukan untuk mengtahui pengaruh hubungan secara bersama dan secara parsial antar variabel harga, persepsi ukuran, persepsi reptasi,dan kualitas layanan dengan kepercayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan harga dan persepsi reputasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan persepsi ukuran dan kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Kualitas layanan memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepercayaan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini berkontribusi sebesar 68,4% terhadap kepercayaan konsumen GO-JEK.

English Abstract

GO-JEK Indonesia is an online-based transportation with the most users in Indonesia with 21.6% users. Consumers have more trust in GO-JEK than any other online transportation services. One of the things to consider in choosing a product or service is price. In addition, perceived of size, perceived of reputation, and quality of services are considered to have positive influences on GO-JEK consumer belief. The problem arise is the influence between price, perceived of size, perceived of reputation and service quality with trust is not known. In addition, it is not known which variables are most influential on trust. Multiple linear regression is used to answer the problem. Primary data were obtained from questionnaires distributed online by social media. F test and T test are conducted to know the effect of relationship between price variables, perception size, perception of reptation, and quality of service with trust simultaneously and partially. The results of this study indicate that price and reputation perception have no significant effect on trust. While the perception of size and quality of service has a significant influence on trust. Service quality has the greatest influence to trust. The independent variables used in this study contributed 68.4% to the trust of GO-JEK customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/578/051708090
Uncontrolled Keywords: GO-JEK, Kepercayaan Konsumen, Persepsi, Harga, Kualitas Layanan, Regresi Linier Berganda
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:42
Last Modified: 01 Oct 2020 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3222
[thumbnail of Zidni Fahra Andika.pdf] Text
Zidni Fahra Andika.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item