Analisis Pengujian Usability Untuk Membandingkan Kemudahan Transaksi Pada Bukalapak Dengan Lazada

Wahyudi, Tegar (2017) Analisis Pengujian Usability Untuk Membandingkan Kemudahan Transaksi Pada Bukalapak Dengan Lazada. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lazada dan BukaLapak merupakan E-commerce yang telah menerapkan teknologi mobile. Lazada dan BukaLapak memiliki rating dan downloader terbanyak di bandingkan para pesaingnya. Tetapi di awal tahun 2017 Lazada sudah mendapat banyak keluhan yang mengacu pada permasalahan Usability khususnya pada fitur transaksi. Penelitian ini membandingkan Usability fitur transaksi antara Lazada dan BukaLapak. Pengujian Usability pada penelitian ini menggunakan teori McCall dimana Usability mempunyai 3 matrik yaitu Operability, Communicativeness dan Training. Operability digunakan untuk melihat sejauh mana pengguna dapat mengoperasikan sebuah aplikasi. Communicativeness digunakan untuk melihat kesesuaian data input dengan data output dilihat dari sisi pengguna dan Training digunakan untuk melihat sejauh mana pengguna baru dapat mengoprasikan aplikasi. Penelitian dimulai dengan pembuatan instrumen, pengumpulan data, dan dilanjutkan dengan pengujian statistika. Pada pembuatan instrumen peneliti berpedoman dengan pertanyaan yang ada pada artikel milik McCall. Pengumpulan data kuesioner digunakan untuk mengukur Operability dan Communicativeness, sedangkan Task digunakan untuk mengukur Training. Uji statistika menggunakan uji t Independent untuk melihat perbandingan antara Lazada dan BukaLapak. Dari hasil perbandingan dari ketiga matrik tersebut disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan untuk matrik Operability, Communicativeness dan Training antara aplikasi Lazada dan aplikasi BukaLapak.

English Abstract

Lazada and BukaLapak are E-commerce that have been applying mobile application technology. Lazada and BukaLapak have highest rating and most download apps compared to their competitors. However, in the early 2017 Lazada has received many complains that refer to Usability problems. This study compares the Usability transactions features between Lazada and BukaLapak. This research use McCall theory in which Usability has 3 metric: Operability, Communicativeness and Training. Operability metric is used to see the extent to which users can operate an application. Communicativeness metric is used to see the suitability of data input with output data seen from the users. While, Training metric is used to see the extent to which new users can operate application. The research began by developing instruments, data collection, and continued with the statistical testing. The questions of the developed instruments are based on the McCall theory in Usability. Questionnaire method is used to measure Operability and Communicativeness, whereas the Task is used to measure Training. Statistical test using Independent t test is used to see the comparison between the Lazada and BukaLapak. The results of the comparison based on the three metrics shows there are no differences of Operability, Communicativeness and Training between BukaLapak and Lazada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/577/051708089
Uncontrolled Keywords: Usability, McCall, E-commerce, Transaksi
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:34
Last Modified: 18 Sep 2020 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3219
[thumbnail of Tegar Wahyudi.pdf]
Preview
Text
Tegar Wahyudi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item