Pengembangan Sistem Survei Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Surya Sembada Kota Surabaya

Islami, Alfa Nur Fitriana (2017) Pengembangan Sistem Survei Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Surya Sembada Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya merupakan salah satu unit usaha milik daerah yang mempunyai tanggung jawab dalam penyediaan kebutuhan air minum bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Oleh karena itu, PDAM melakukan survei kepuasan pelanggan setiap tahunnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada diperusahaan guna menumbuhkan kepuasan bagi pelanggannya. Dalam proses pelaksanaan survei kepuasan pelanggan tersebut, PDAM mengalami beberapa kendala diantaranya dalam penentuan data sampel untuk responden survei yang masih menggunakan perhitungan manual mengakibatkan sering terjadi kesalahan perhitungan dan penginputan data, kemudian dari segi biaya PDAM harus mengeluarkan biaya tambahan karena menggunakan jasa penyedia layanan survei untuk melakukan penyebaran kuesioner dan analisis hasil kuesioner. Penyebaran kuisioner masih dilakukan secara manual sehingga PDAM masih harus menyediakan pertanyaan kuesioner dalam bentuk kertas. Penyebaran kuesioner dan analisis dilakukan oleh pihak penyedia layanan survei mengakibatkan banyaknya manipulasi data. Berdasarkan permasalahan diatas, solusi yang dapat diterapkan adalah dengan mengembangkan sebuah sistem survei kepuasan pelanggan berbasis komputer yang dapat membantu dalam pengolahan data sampel, penyampaian kuesioner yang efektif dan efisien, serta dapat memberikan laporan hasil analisis kuesioner dengan cepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah metode waterfall dengan tahapan analisis persyaratan, perancangan, implementasi dan pengujian. Proses pengujian sistem dengan menggunakan pengujian validasi dan pengujian kompatibilitas. Hasil dari pengujian validasi menunjukkan keseluruhan kebutuhan fungsional dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dan hasil dari pengujian kompatibilitas menunjukan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik pada beberapa browser yang berbeda.

English Abstract

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya is one of regional owned business unit which has responsibility in providing drinking water for Surabaya and its surrounding community. Therefore, PDAM conducts customer satisfaction surveys every year to improve the quality of service e in the company in order to foster satisfaction for its customers. In the process of implementing the customer satisfaction survey, PDAM experienced several obstacles such as in determining the sample data for survey respondents who still use manual calculations resulted in frequent miscalculation and input data, then in terms of cost PDAM have to incur additional costs because it uses the services of survey providers to distributing questionnaires and analyzing the results of questionnaires. The distribution of questionnaires is still done manually so that PDAM still have to provide questionnaire question in paper form. The distribution of questionnaires and analysis carried out by the survey service providers resulted in the large number of data manipulations. Based on the above problems, the solution that can be applied is to develop a computer-based customer satisfaction survey system that can assist in processing sample data, delivering effective and efficient questionnaires, and can provide reports of questionnaire analysis results quickly and accurately. The method used in the development is the waterfall method with the stages of requirements analysis, design, implementation and testing. System testing process using validation testing and compatibility testing. The results of the validation tests show the overall functional requirements can run well in accordance with the needs of users. And the results of compatibility testing show that the system works well on some different browsers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/560/051708072
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Daerah Air Minum, Sistem Survei Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Pengembangan
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 03 Oct 2017 03:43
Last Modified: 16 Oct 2020 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3164
[thumbnail of Alfa Nur Fitriana Islami.pdf]
Preview
Text
Alfa Nur Fitriana Islami.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item