Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Benda Di Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Blambangan Banyuwangi)

Pramana, Yudha Akbar (2017) Pembangunan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Benda Di Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Blambangan Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Museum Blambangan merupakan salah satu objek wisata untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang didalamnya terdapat benda-benda warisan budaya. Akan tetapi seiring bergantinya waktu, terjadi perubahan minat pengunjung yang semakin menurun terlebih bagi para siswa. Hal ini dipengaruhi oleh semakin majunya teknologi sehingga mereka beranggapan bahwa datang ke museum adalah hal yang membosankan. Sehingga dalam proyek skripsi ini, berinisiatif untuk membuat aplikasi augmented reality untuk mengenalkan benda-benda museum sehingga terlihat menarik. Karena augmented reality tersebut merupakan teknologi yang meggabungkan dunia nyata dan dunia maya, selain itu augmented reality ini merupakan salah satu teknologi yang berkembang dan sangat diminati saat ini. Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode yang diadaptasi dari model Agile SDLC, dimana metode tersebut memiliki 7 fase yang terdiri dari studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementsi, pengujian sistem, deployment sistem, dan kesimpulan. Pengujian fungsionalitas dilakukan sesuai dengan kasus uji pada masing-masing kebutuhan fungsional. Hasil pengujian fungsionalitas menunjukan bahwa kebutuhan fungsional telah terpenuhi oleh sistem. Hasil dari pengujian usabilitas dengan memberikan kuesioner System Usability Scale (SUS) kepada responden pengunjung museum dan staf museum, memperoleh hasil kepuasan pengunjung mendapat 86% terhadap aplikasi. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu pengenalan benda museum kepada pengunjung museum. Pengujian kompatibilitas menunjukkan bahwa validitas kerja dari fitur-fitur ini dapat dijalankan dengan baik.

English Abstract

Museum of Blambangan is one tourist attraction to add insight and knowledge in which there are objects of cultural heritage inside it. However as time goes by, there will be an ever-decreasing change of interest for students. This is influenced by the advance technology so they think that coming to the museum is boring. So in this thesis project, take the initiative to create an augmented reality application to introduce museum objects so it looks interesting. Because augmented reality is a technology that combines the real world and the virtual world, moreover augmented reality is one of the developing technology and is in great demand today. The development of this application uses a method adapted from the Agile SDLC model, which has 7 phases consisting of literatur study, needs analysis, implementation, system testing, system deployment, and conclusions. The functionality testing is performed in accordance with the test cases on each functional requirement. The results of functionality testing show that the functional requirements have been met by the system. The result of usability testing by giving questionnaires of System Usability Scale (SUS) to the respondents of museum visitors and museum staf, obtaining visitor satisfaction result gets 86% of museum staf satisfaction toward application. From these values can be concluded that this application can help the introduction of museum objects to museum visitors. Compatibility testing indicates that the work validity of these features can be well executed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/670/051708184
Uncontrolled Keywords: Museum Blambangan, Android, Augmented Reality, Agile Sdlc, System Usability Scale
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:36
Last Modified: 28 Sep 2020 16:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2996
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VII.pdf] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Actions (login required)

View Item View Item