Pengaruh Tarikan Stasiun Terhadap Kinerja Jalan Trunojoyo

Nindyarini, Chintya (2017) Pengaruh Tarikan Stasiun Terhadap Kinerja Jalan Trunojoyo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur yang berfungsi sebagai Pusat Kegiatan Nasional (RTRW Provinsi Jatim 2011-2031) dan juga disebut sebagai Kota Pendidikan dan Pariwisata. Perkembangan Kota Malang membawa efek pada peningkatan aktivitas ekonomi, perubahan guna lahan dan laju pertumbuhan penduduk baik pendatang yang menetap sementara sebagai mahasiswa maupun wisatawan yang berkunjung. Stasiun merupakan salah satu simpul transportasi barang ataupun manusia yang menghasilkan pergerakan cukup tinggi pada suatu wilayah salah satunya adalah Stasiun Kotabaru yang merupakan stasiun terbesar di Kota Malang. Jumlah penumpang yang semakin meningkat pada tiap tahunnya membuat tarikan pergerakan kendaraan yang terjadi pada guna lahan tersebut juga meningkat. Tingginya arus lalu lintas dan tarikan stasiun berdampak pada kemacetan yang terjadi di Jalan Trunojoyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model tarikan dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja Jalan Trunojoyo sehingga nantinya dapat membaut arahan untuk mengurangi masalah kemacetan yang terjadi. Analisis yang digunakan untuk mengetahui model tarikan dari guna lahan stasiun adalah dengan menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi linier berganda. Analisis kinerja lalu lintas digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja jalan pada lokasi studi serta melihat pengaruh guna lahan stasiun terhadap Jalan Trunojoyo. Hasilnya didapatkan bahwa model tarikan dari stasiun adalah YStasiun = 2,471 + 0,408(X1) + 0,355(X3) dimana X1 merupakan variabel jumlah pengunjung dan X3 merupakan variabel luas bangunan. Berdasarkan model tersebut dapat diketahui bahwa guna lahan stasiun memberikan pengaruh tertinggi sebesar 20% pada Jalan Trunojoyo segmen 2 dengan nilai tingkat pelayanan jalan rata-rata adalah C, sedangkan yang terburuk adalah E. Untuk mengurangi dampak pergerakan stasiun, dilakukan arahan rencana berdasarkan rencana pengembangan yang akan dilakukan oleh PT.KAI, yakni dengan menambah pintu masuk pada sebelah timur bangunan Stasiun Kotabaru yang ada saat ini.

English Abstract

Malang city is the second largest city in the province of east java that serves as the center of the national provincial (Spatial Plan Jatim 2011-2031) and called as a city education and tourism. The development of Malang City brings the effect on increasing economic activity, changes in land use and also population growth rate both newcomers who settle temporarily as students and tourists. The station is one of the nodes of transport goods or human beings who produce high enough movement on a region, one is the Station of Kotabaru which is the largest station in the City of Malang. The number of passengers who increase in every year make movement of vehicles that occurs in to the land also rose. High flow traffic and vehicles movement on the station have an impact on traffic jam in the way of Trunojoyo’s road. This research aims to understand attraction model and how much their influence on trunojoyo’s road performance so that there can make directions to reduce traffic jam problems.The analysis used to know attraction model of station is by using partial correlation analysis and multiple regression linear analysis. Performance traffic analysis used to see how road performance in the study locations and identify the influence of station to the Trunojoyo’s road. The results got that attraction model from the station is YStation = 2,471 + 0,408(X1) + 0,355(X3) where X1 is the variable of the number of visitor and X3 is the variable of the building area. Based on the model it can be seen that highest impact of land station is 20% in the way of trunojoyo segments 2 with level of road service value average is C, while the worst are E.To reduce the impact of station movement, done by direction plan under the development plan which will be conducted by PT.KAI by adding the entrance on the east building Kotabaru station at the present time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/989/051708832
Uncontrolled Keywords: Stasiun-Kereta-Api, Model-Tarikan, Regresi-Linier-Berganda
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads > 625.77 Roadside areas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2017 01:39
Last Modified: 28 Nov 2024 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2962
[thumbnail of CHINTYA NINDYARINI.pdf] Text
CHINTYA NINDYARINI.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item