Language Learning Strategies of The High Achievers of The Second Grade Students at SMP Negeri 1 Singosari.

Panji Hartono,, Raden; (2017) Language Learning Strategies of The High Achievers of The Second Grade Students at SMP Negeri 1 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris telah lama diajarkan sebagai bahasa asing pada siswa SMP dan SMA. Beberapa struktur bahasa yang membedakan dengan bahasa ibu (Bahasa Indonesia) mereka adalah dari segi grammar, pengucapan kata, dan beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, strategi dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi-strategi yang digunakan oleh siswa berprestasi. Penelitian ini dibentuk secara kualitatif. Peneliti memilih fokus terhadap kelas VIII-A yang tergolong sebagai kelas unggulan. Mereka adalah siswa pilihan yang telah disaring dari segi nilai akademik untuk naik ke kelas delapan. Penelitian ini mengambil tiga dari total keseluruhan tiga puluh siswa pada kelas VIII-A. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga narasumber menggunakan hampir semua strategi-strategi yang dikemukakan oleh Oxford (1990). Mereka cenderung untuk belajar Bahasa Inggris dengan mengucapkan kosa kata berulang kali untuk lebih mengenali terhadap kosa kata tersebut dan untuk lebih fasih dalam mengucapkannya. Aspek lain yang sudah berkontribusi dalam kemampuan berbicara mereka adalah menonton dan mendengarkan media yang berbahasa Inggris. Dan juga, ketiga narasumber gemar belajar dengan membaca teks dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil studi ini, dapat dibuktikan bagaimana strategi-strategi berkontribusi dalam pemerolehan skor tinggi mereka.

English Abstract

English has been taught as foreign language for Indonesian students from junior and senior high school. It has different structures

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/229/051704462
Uncontrolled Keywords: Foreign Language, Learning Strategies, High Achiever.
Subjects: 400 Language > 428 Standard English usage (Prescriptive linguistics) > 428.1 Standard English usage (Prescriptive linguistics) (Words)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:17
Last Modified: 08 Oct 2020 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/296
[thumbnail of 051704462 BAGIAN DEPAN.pdf] Text
051704462 BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[thumbnail of 051704462 BAB I.pdf] Text
051704462 BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of 051704462 BAB II.pdf] Text
051704462 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of 051704462 BAB III.pdf] Text
051704462 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of 051704462 BAB IV.pdf] Text
051704462 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of 051704462 BAB V.pdf] Text
051704462 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[thumbnail of 051704462 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
051704462 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Actions (login required)

View Item View Item