Pengaruh Ignition Timing Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Etanol

Amrillah, Rivaldi (2017) Pengaruh Ignition Timing Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Etanol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan volume kendaraan bermotor berbanding lurus dengan penggunaan bahan bakar yang menyebabkan polusi. Oleh sebab itu dibutuhkan bahan bakar yang lebih aman, dapat terjamin ketersediaannya dimasa mendatang. Salah satu bahan bakar yang dapat dijadikn alternative sebagai pengganti bahan bakar fossi seperti gasoline adalah etanol. Pembakaran etanol lebih bersih dari pada bahan bakar fosil yang bermakna mengurangi emisi gas rumah kaca. Motor yang digunakan pada penelitian ini adalah motor otto 4 langkah satu silinder bervolume 124.8 cc. Ignition timing divariasikan dengan cara memvariasikan ignition timing motor bensin standart, diperlambat 2o, diperlambat 3o, dipercepat 2o, dipercepat 3o sebelum TMA, dan variasi putaran mesin sebesar 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500, 7000 rpm. Nilai tosi maksimal sebesar 3.959 Nm pada 4500 rpm dengan penggunaan etanol 96%, Daya efektif maksimal sebesar 3.105 PS pada 7000 rpm dengan etanol 96%, nilai SFCe terendah 0.43 kg/Ps·jam pada 3500 rpm dengan etanol 96%, dan nilai efisiensi termal efektif maksimal sebesar 22.71% pada 4500 rpm dengan etanol 96% yang mana semua dicapai pada variasi ignition timing dipercepat 2o. Dengan equivalen rasio sebesar 1.125, nilai torsi dan daya yang dihasilkan saat menggunakan bahan bakar etanol secara umum lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar bensin, namun nilai efisiensi termal yang dapat dicapai dengan menggunakan bahan bakar etanol dengan kadar 96% lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan bensin.

English Abstract

Increased volume of motor vehicles is directly proportional to the use of fuel that causes pollution. Therefore, it needs a safer fuel, can be guaranteed its availability in the future. One of the fuels that can be alternated as a substitute for fossil fuels such as gasoline is ethanol. Ethanol burning is cleaner than fossil fuels that significantly reduce greenhouse gas emissions. Motors used in this study using a motor otto 4 stroke single cylinder volume 124.8cc. Ignition timing varied by varying ignition timing of motor gasoline standards, slowed 2o,slowed 3o accelerated 2o, accelerated 3o before TDC and rev the engine with a variation of the round crankshaft rotations of 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500, 7000 rpm. Rated maximum torque of 3.959 Nm @ 4500 rpm, the effective power is maximal at 3.105 PS @ 7000 rpm, the value of SFCE Lowest 0.43 kg/Ps·h @ 5000 rpm and the value of thermal efficiency 22.71% @ 4500 rpm which is entirely based on variations ignition timing accelerated 2o by using equivalen ratio of 1.125, the value of the torque and power generated when using ethanol fuel is generally lower when compared to using gasoline fuel,but thermal efficiency can be achieved in the use of ethanol fuel is better when compared to using gasoline

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/954/051708797
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.43 Internal - combustion engines
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Sep 2017 07:30
Last Modified: 29 Nov 2020 12:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2931
[thumbnail of Rivaldi Amrillah.pdf]
Preview
Text
Rivaldi Amrillah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item