Evaluasi Kualitas Layanan Informasi Website Universitas Brawijaya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-S-Qual Dan E-Recs-Qual

Fuadi, Mochammad Valdi (2017) Evaluasi Kualitas Layanan Informasi Website Universitas Brawijaya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-S-Qual Dan E-Recs-Qual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya merupakan aspek penting bagi Universitas Brawijaya dalam menyediakan informasi kepada penggunanya. Konsep kualitas layanan informasi yang baik dan sesuai kebutuhan pengguna akan memengaruhi kepuasan pengguna dan Perceived Value. Penelitian ini menggunakan model konseptual dari E-S-Qual dan E-Recs-Qual untuk mengukur kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya dan mengetahui pengaruh model tersebut terhadap kepuasan pengguna dan Perceived Value. Pengukuran kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya menggunakan 8 variabel yang diusulkan dari E-S-Qual dan E-Recs-Qual antara lain Efficiency, System Availability, Privacy, Fulfillment, Web Appearance, Personalization, Responsiveness, dan Contact. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi terhadap hasil temuan yang didapat dengan menggunakan standard ISO/IEC 9126. Metode pengambilan data penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner terhadap responden dalam hal ini mahasiswa Universitas Brawijaya. Teknik analisis korelasi dan kekuatan korelasi antara variabel laten atau konstruk menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel System Availability dan Contact merupakan variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan perceived value disebabkan variabel tersebut menghasilkan nilai critical ratio kurang dari 1,96 pada tahapan structural model fit.

English Abstract

The quality of Brawijaya University website information service is an important aspect for Brawijaya University in providing information to its users. The concept of good quality of information services and according to user needs will affect user satisfaction and perceived value. This research uses conceptual model from E-S-Qual and E-Recs-Qual to measure the quality of website information service of Brawijaya University and to know the effect of the model on user satisfaction and perceived value. The measurement of the quality of Brawijaya University website information service uses 8 proposed variables from E-S-Qual and E-Recs-Qual including Efficiency, System Availability, Privacy, Fulfillment, Web Appearance, Personalization, Responsiveness, and Contact. This research also gives recommendation to findings obtained by using the standard of ISO / IEC 9126. Method of collecting data of this research got from questionaire dispersion to respondent in this case Brawijaya University student. Correlation analysis techniques and correlation strength between latent variables or constructs using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that the variables system availability and contact is a variable that has no effect on user satisfaction and perceived value due to these variables produce a critical ratio value of less than 1.96 at the stage structural fit model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/625/051708137
Uncontrolled Keywords: E-S-Qual, E-Recs-Qual, Structural Equation Modelling (SEM), ISO/IEC 9126, Kepuasan Pengguna
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:28
Last Modified: 28 Sep 2020 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2908
[thumbnail of Mochammad Valdi Fuadi.pdf] Text
Mochammad Valdi Fuadi.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item