Analisis Pengukuran Human Error pada Pekerja Proses Pengecoran di Jalur V Menggunakan Metode HEART dan SHERPA

Budhi, Kartika Yanuar (2017) Analisis Pengukuran Human Error pada Pekerja Proses Pengecoran di Jalur V Menggunakan Metode HEART dan SHERPA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Wijaya Karya Beton Tbk Pasuruan adalah perusahaan yang memproduksi produk beton. Salah satu target perusahaan dalam bidang K3, yaitu untuk mencapai zero accident, belum dapat tercapai karena kecelakaan yang disebabkan oleh unsafe act masih terjadi dan belum dilakukan analisis pengukuran human error oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini antara lain mengidentifikasi tugas operator dengan menentukan tahapan tugas pekerja untuk kemudian dilakukan prediksi kegagalan dan kekritisannya, menganalisa dan mengetahui probabilitas operator melakukan kegagalan dalam bekerja, serta menentukan solusi perbaikan dari akar masalah penyebab human error yang dilakukan pekerja sehingga dapat mengurangi kegagalan dan kecelakaan kerja. Pada penelitian ini, pengukuran human error dilakukan dengan metode Human Reliability Assessment diantaranya dengan Systemmatic Human Error Redcution and Prediction Approach (SHERPA) dan Human Error Probability Assessment and Reduction (HEART). Sebelumnya dilakukan breakdown tugas pekerja menggunakan Hierarchy Task Analysis (HTA) yang terbagi untuk operator mesin hoist, hopper dan trolley serta impact tools, kemudian ditentukan deskripsi error untuk setiap tugas dasar. Dari metode SHERPA akan didapatkan tingkat kekritisan untuk setiap deskripsi error dalam kategori high, medium dan low. Dalam metode HEART akan didapatkan nilai human error probability (HEP) untuk setiap tugas dasar dimana semakin tinggi nilai HEP maka semakin tinggi kemungkinan operator melakukan kegagalan dalam melaksanakan tugas tersebut. Analisa akar penyebab deskripsi error kemudian dilakukan dengan metode fishbone diagram untuk 3 tugas dasar dengan HEP tertinggi dan deskripsi error dengan kategori high. Berdasarkan hasil pengukuran human error didapatkan deskripsi error paling kritis untuk operator hoist adalah tidak memperhatikan pergerakan hoist, gagal memposisikan cetakan, dan posisi kerja tidak sesuai dengan rekomendasi perbaikan yaitu pemberian jalur khusus untuk operator hoist, pembuatan SIO dari perusahaan, pembuatan SOP, memasang tanda bahaya dan penomoran cetakan yang ergonomis, mengadakan sosialisasi dan pelatihan mengenai K3 dan ergonomi, menambahkan desain perbaikan rantai hoist dan cetakan, memasang lampu, kipas dan case mesin peredam bising, dan melakukan preventive maintenance untuk mesin hoist serta briefing dan pengawasan yang ketat. Deskripsi error paling kritis untuk operator mesin hopper dan trolley yaitu posisi kerja yang tidak sesuai dan gagal menentukan panjang serta tipe cetakan dengan rekomendasi perbaikan anjuran posisi duduk yang baik dengan kursi yang ergonomis dengan sandaran punggung dan dapat diputar, mengadakan sosialisasi dan pelatihan K3 dan ergonomi, pembuatan SOP, display penomoran cetakan yang ergonomis dan perbaikan penerangan dengan lampu yang tepat serta briefing dan pengawasan yang ketat. Deskripsi error paling kritis untuk operator impact tools yaitu gagal mendeteksi adanya sisa adukan di bibir cetakan, salah memposisikan jari, posisi kerja tidak sesuai dan gagal meratakan adukan dengan rekomendasi penggalakkan budaya 5R, pembuatan SOP, training pekerja, pembuatan SIO, melakukan preventive maintenance dan perbaikan desain tongkat perojok serta briefing dan pengawasan yang ketat.

English Abstract

PT. Wijaya Karya Beton Tbk Pasuruan is a company produces concrete products. One of the company’s goals in Department of OSH is to achieve zero accident, which has not realized yet because accidents caused by unsafe act still existed, and no analysis of human error measurement has been done by the company. The aim of this research is to identify the operator’s tasks by defining the hierarchy of the worker’s task then predict the errors and its critical level, to analyze the operator’s probability to do such errors in work, and to determine solutions from the root problems in order human error, failure and accident to be reduced. In this research, human error measurement will be done using Human Reliability Assessment with Systemmatic Human Error Redcution and Prediction Approach (SHERPA) and Human Error Probability Assessment and Reduction (HEART). Beforehand, task breakdown will be done using Hierarchy Task Analysis (HTA) divided into hoist operator, hopper and trolley operator, and impact tools operators, then error description will be indentified for each basic task. Through SHERPA method the critical level for each error will be aimed with categories of high, medium and low. Through HEART method human error probability (HEP) for each basic task will be aimed where the higher HEP value means the higher probability for operator to do such error in performing certain task. Analysis of root cause will be done using fishbone diagram for 3 tasks with highest HEP and errors with high critical level. Based on the result of human error measurement, the most critical errors for hoist operator are not watching the move of the hoist, fail to place the concrete mold, and inappropriate working position with corrective recomendations of providing walking line for hoist operator, establishing operator’s lisence by the company, providing Standard Operating Procedure (SOP), installing ergonomic warning signs and numbering concrete molds, providing occupational health and safety training, adding refinement to the hoist chain and mold, installing lamps, fans, and machine cases to reduce noise, and applying preventive maintenance for hoist also to supervise and brief the workers. The most critical errors for hopper and trolley operator are inappropriate working position and fail to determine the long and type of the mold with corrective recommendations of suggesting a good sitting position through ergonomic chair with backrest and swivel chair, providing occupational health and safety training, providing Standard Operating Procedure (SOP), installing ergonomic display for the mold numbering and installing proper light and lamps to fix lighting also to supervise and brief the workers. The most critical errors for impact tools operators are fail to detect the rest of the concrete mortar at the edge of the mold, fail to position fingers, inappropriate working position and fail to flatten the concrete mortar with corrective recommendations of promoting 5S culture, providing Standard Operating Procedure (SOP), worker training, establishing operator’s lisence by the company, applying preventive maintenance and repairing the design of flattening mortar stick also to supervise and brief the workers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/942/051708785
Uncontrolled Keywords: Hierarchy Task Analysis, Human Reliability Analysis, SHERPA, HEART, Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.2 Conditions of employment > 331.25 Other condition of employment > 331.259 Training, worker security, regulation of worker conduct
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:10
Last Modified: 03 Nov 2022 23:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2896
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Actions (login required)

View Item View Item