Analisis Impression Management Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Isnaini, Araina (2017) Analisis Impression Management Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis Impression Management yang digunakan oleh Tenaga Pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Langkah yang dilakukan adalah melakukan wawancara kepada dosen, mengelompokkan dan menganalisis hasil wawancara untuk mengetahui jenis impression management serta bagaimana mengimplementasikannya kepada mahasiswa. Penelitian ini termasuk kategori deskriptif, menurut Sugiyono(2013), didefinisikan sebagai metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder, primer yaitu data dari hasil wawancara dan sekunder data yang berasal dari internet, buku literatur, jurnal, penelitian terhadulu dan sumber lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu dosen S2 lebih dominan pada taktik ingratiation, dosen S3 lebih dominan pada taktik exemplification, dosen laki-laki lebih dominan pada taktik ingratiation, dan dosen perempuan lebih dominan pada taktik ingratiation dan intimidation.

English Abstract

The objective of this research is to determine the type of impression management applied by lecturers in Management Department, Faculty of Economics and Business, Brawijaya University. The steps taken by the researcher to meet the research objective are interviewing the lecturers and grouping and analyzing the interview results to identify the type of impression management being used, and to identify its implementation to the students. This research uses descriptive method, which, according to Sugiyono (2013), is defined as a method of data analysis by describing the collected data as it is without the intention of making conclusions that apply publicly or generally. The primary data of this research were obtained from interviews, and the secondary data were obtained from the internet, books, journals, previous researches, and other sources. The result of this research is lecturer with master’s degree more dominant in ingratiation tactics, lecturer with PhD’s degree is more dominant in exemplification tactics. In addition, male lecturers are more dominant in ingratiation tactics and female lecturers are more dominant in ingratiation and intimidation tactics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/435/051708909
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Self-promotion, Ingratiation, Exemplification, Intimidation, Supplication.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Sep 2017 06:29
Last Modified: 22 Nov 2020 17:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2852
[thumbnail of Araina Isnaini.pdf]
Preview
Text
Araina Isnaini.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item