Analisis Pengaruh User Experience Ride Sharing Application Terhadap Citra Merek Pada Pengguna Android Dan IOS

Alrio, Yudhistira Serdiansyah (2017) Analisis Pengaruh User Experience Ride Sharing Application Terhadap Citra Merek Pada Pengguna Android Dan IOS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini salah satu perangkat di dunia yang sering digunakan dalam aktivitas komunikasi pemasaran maupun pembangunan merek secara online adalah aplikasi, aplikasi dianggap sebagai representasi merek yang dapat ditemukan oleh penggunanya dengan mudah selama 24 jam setiap hari, kapan pun pengguna merasa membutuhkan interaksi dengan merek tersebut. User Experience atau pengalaman pengguna yang didapatkan pengguna melalui partisipasi dan keterlibatan di dalam penggunaan aplikasi memiliki kemungkinan untuk ditangkap lebih kuat dibandingkan pengalaman yang didapatkan pengguna dari media konvensional lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh user experience terhadap citra merek, kemudian mengetahui tingkat pengaruh user experience terhadap citra merek, dan mengetahui besarnya pengaruh user experience terhadap citra merek. Penelitian ini menggunakan metode yang dijabarkan oleh De Angeli dengan menggunakan tujuh dimensi yang digunakan untuk mengukur user experience yaitu: Usability, pleasure, dan Content (IQS), serta perceived Usability, classical aesthetics, expressive aesthetics, dan service quality (PVA). Dengan meneliti pada pengguna Android dan iOS, serta metode yang dijabarkan oleh keller dengan menggunakan tiga dimensi untuk mengukur citra merek yaitu: Kekuatan asosiasi merek (strength of brand association), Keuntungan asosiasi merek (favorability of brand association), Keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association). Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data-data primer yang berasal dari kuesioner. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa user experience pada ride sharing application tidak mempunyai pengaruh terhadap citra merek ride sharing application, kemudian tingkat korelasi yang tinggi user experience terhadap citra merek menjelaskan bahwa user experience mempunyai pengaruh terhadap citra merek, dan user experience mempunyai pengaruh sebesar 29,40% pada pengguna Android dan 52,10% pada pengguna iOS terhadap citra merek.

English Abstract

At the present time, one of the word’s most frequently used devices in marketing communication although the brand-building by online is applications. Applications are considered as a representative brand that could be found by consumers for 24 hours everyday, whenever the consumers need the interaction with the brand. User Experience that could be gained by the consumers through the participation and involvement when using the appications. It has a possibility to be captured more strongly than consumers experience from conventional media. The aim of this research is to determine whether there is influence of user experience on brand image, the influence image, and also the influence of user experience on the brand image. This research used two methods, there are De Angeli method which used seven dimensions for measuring the user experience, which included: Usability, pleasure, dan Content (IQS), perceived Usability, classical aesthetics, expressive aesthetics, and service quality (PVA) and also Keller method which used three dimensions for measuring the brand image, which included : strength of brand association, favorability of brand association, uniqueness of brand association. The data source used in this study was a primary data which derived from quitionnaire (Android and ios users). Based on the data analysis, it is known that the user experience on the ride sharing application had no effect toward the brand image of ride sharing application, then the high correlation level of user experience towards the brand image explained that the user experience was able to influence on the brand image. The user experience of Android users had an effect amount 29.40% and 52.10% for iOS users on the brand image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/469/051707791
Uncontrolled Keywords: User Experience, Citra Merek, Android, Ios, Ride Sharing Application
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:24
Last Modified: 08 Dec 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2778
[thumbnail of Yudhistira Serdiansyah Alrio.pdf]
Preview
Text
Yudhistira Serdiansyah Alrio.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item