Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya)

Yuananto, Yimas Ajeng Larasati (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ability dan effort, kualitas pengajaran, karakteristik dosen, kebiasaan belajar, dan aktifitas kemahasiswaan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden yaitu mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2014 di Universitas Brawijaya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Alat yang digunakan untuk analisis menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ability dan effort, serta kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar makasiswa, karena ability dan effort serta kebiasaan belajar merupakan faktor internal dari mahasiswa tersebut, di mana seberapa jauh materi kuliah dapat dipahami adalah tergantung oleh kemampuan dan usaha yang dilakukan dari mahasiswa itu sendiri. Kualitas pengajaran juga menunjukkan pengaruh positif terhadap prestasi belajar, hal ini bisa terjadi karena hal tersebut merupakan fasilitas akademik yang di dalamnya terdapat proses pembelajaran mahasiswa di mana proses ini merupakan hal penting dalam menentukan prestasi belajar mahasiswa. Namun demikian, faktor karakteristik dosen menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini bisa saja terjadi karena mahasiswa yang menjadi responden pada penelitian ini memiliki kemampuan penyesuaian yang baik terhadap segala macam gaya mengajar dosen sehingga hal tersebut tidak memiiki dampak terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami materi. Faktor aktifitas kemahasiswaan juga menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini bisa saja terjadi karena reponden sudah memiliki alokasi jam untuk mendukung kegiatan belajar dan kegiatannya dalam organisasi sehingga mahasiswa tersebut tidak merasa kesulitan dalam menyeimbangkan antara kuliah dan kegiatan organisasi.

English Abstract

The research aims to identify the effect of ability and effort, teaching quality, lecturers’ characteristics, learning habit, and students’ (extra-curricular) activity on the students’ academic achievement in Accounting course. The samples are 95 undergraduate students of Accounting Department batch 2014 at the University of Brawijaya. The hypotheses are tested through multiple linear regression analysis by means of SPSS 20.0 for windows assistance. The result of the study shows that ability and effort, as well as learning habits, give positive effect on the students’ achievement. This is due to the fact that ability, effort, and learning habits are internal factors possessed by the students – they determine the students’ ability to understand the materials given during the lecture. The quality of teaching also positively influences learning achievement. It happens because academic quality determines the learning process and the students’ achievement. In contrast, the lecturers’ characteristics do not influence the students’ learning achievement. This may happen because the student-respondents of this study have a good adjusting ability to all kinds of teaching styles; so that, it does not have any impact on the students’ ability in understanding the materials. Students’ activity also shows no effect on learning achievement because the respondents have allotted specific time to support their learning and organizational activities, i.e. that they do not face any difficulties to balance the academic and organizational programs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/399/051708873
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar mahasiswa, ability dan effort, kualitas pengajaran, karakteristik dosen, kebiasaan belajar, aktifitas kemahasiswaan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.152 Consious mental processes and intelligence > 370.152 3 Learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:21
Last Modified: 06 Sep 2020 12:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2734
[thumbnail of Yimas Ajeng Larasati Yuananto.pdf]
Preview
Text
Yimas Ajeng Larasati Yuananto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item