Pembangunan Sistem E-Learning Untuk Kebutuhan TOT (Training of Trainer) Guru Pada Smk Yp 17-1 Malang Dengan Menggunakan Framework Codeigniter

Ariati, Niar (2017) Pembangunan Sistem E-Learning Untuk Kebutuhan TOT (Training of Trainer) Guru Pada Smk Yp 17-1 Malang Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMK YP 17-1 Malang merupakan suatu yayasan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat. Sebagai lembaga pendidikan formal, sudah menjadi kewajiban untuk mengikuti kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah. Dalam pelaksanaan kebijakan tersebut didapatkan berbagai kendala seperti pada pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam hal kurikulum yang berkembang secara dinamis serta pengembangan professional staf yang saling berkaitan. Melihat beberapa kendala dan masalah yang terjadi, diperlukan kemampuan, kerjasama atau timbal balik antar guru dalam mengajarkan/mentransfer pengetahuannya akan pelatihan kurikulum 2013 yang pernah diterima maupun mengajarkan ranah materi keahliannya untuk mendukung pengembangan professional staf yang dilakukan saat ini (program sertifikasi guru maupun keahlian ganda) kepada guru lain. Oleh karena itu, solusi yang akan diambil penulis yaitu dengan membangun sebuah sistem perangkat lunak yang mampu melakukan manajemen pembelajaran/pelatihan dan pelayanan informasi yang berbasis web untuk kebutuhan TOT (Training of Trainer) guru. Sistem yang dibangun dengan menggunakan kerangka kerja Codeigniter yang mengimplementasikan model proses air terjun ini telah memenuhi kebutuhan fungsional sistem dengan presentase 100% valid dan ketiga fungsi utama memiliki kompleksitas di bawah 21 yang menunjukkan bahwa program cukup mudah untuk dikelola dengan tingkat resiko mudah hingga sedang. Selain itu, menurut kepuasan calon pengguna, sistem memiliki rata-rata skor SUS sebesar 84,17 yang mengindikasikan bahwa sistem perangkat lunak yang dibangun termasuk dalam kategori “Good” dan bernilai adjective “B”.

English Abstract

SMK YP-17-1 Malang is an organization that operates a formal education. It holds a vocational education on a senior-high grade as a continuation from Junior high (SMP, MTS or any comparable junior high). As an organization that holds a formal education, it is imperative for SMK YP 17-1 to implement any govermental policy in its operation. In the process, there will be problems such as difficulties on implementing the dynamically changing curriculum and the problem of developing the staff's proffesionalism. Based on that fact, we need the skill, cooperation, and feedback among teachers on their daily routine so that they can share their knowledge about training of the 2013 curriculum or the subjects they are teaching to help improving the proffesionalism of its staff as a whole. Hence, the researcher came up with the idea of implementing a software to manage education/training process and also acts as a web-based information gateway for Training of trainers system. The completed system uses CodeIgniter framework that implements Waterfall development cycle and fulfills the functional requirement with 100% validation percentage. All three of the main feature has a complexity level under 21 which proves that this system can be operated within low to medium operating risk. Moreover, user satisfaction value reaches 84.17% which indicates that the completed system is categorized as "good" and has an adjective value of "B".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/447/051707769
Uncontrolled Keywords: E-learning, TOT, Codeigniter, SUS
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.2 Scholarship and learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:09
Last Modified: 21 Sep 2020 05:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2679
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item