Analisis Penerapan Sistem Elektronik Nomor Faktur (E-Nofa) Sebagai Upaya Mencegah Faktur Pajak Fiktif (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Setyorini, Henis (2017) Analisis Penerapan Sistem Elektronik Nomor Faktur (E-Nofa) Sebagai Upaya Mencegah Faktur Pajak Fiktif (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerimaan APBN di sektor perpajakan merupakan penerimaan terbesar yang diperoleh Negara untuk menjalankan sistem perekonomian Negara, oleh karena itu penerimaan dari sektor perpajakan memiliki pengaruh terhadap penerimaan APBN. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan dan memaksimalkan penerimaan Negara di sector perpajakan adalah dengan penyempurnaan sistem administrasi perpajakan dengan penerapan sistem Elektronik Nomor Faktur (E-Nofa). E-Nofa diciptakan untuk mencegah penerbitan faktur pajak fiktif, selain itu sistem E-Nofa diterapkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan serta memberikan kemudahan bagi Pengusaha Kena Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan E-Nofa pada KPP Pratama Malang Selatan dan hambatan serta alternatif cara mengatasi hambatan penerapan sistem E-Nofa pada KPP Pratama Malang Selatan sebagai upaya mencegah faktur pajak fiktif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Peneliti memfokuskan pembahasan mengenai penerapan E-Nofa melalui langkah penerapan dalam upaya mencegah faktur pajak fiktif serta hambatan dan cara mengatasi hambatan penerapan E-Nofa. Hasil dari penelitian adalah KPP Pratama malang selatan sudah menerapkan E-Nofa dengan cukup baik, hal ini terbukti dengan hasil yang signifikan dalam hal mencegah faktur pajak fiktif yang dilakukan wajib pajak baik dari sisi penerbit maupun pengguna faktur pajak fiktif. Hambatan yang muncul adalah (1) sumber daya manusia pegawai pajak dan Wajib Pajak (2) ketergantungan sistem dan koneksi jaringan internet (3) tingkat pemahaman dan kelalaian wajib pajak. Sedangkan alternatif cara mengatasi hambatan yang muncul adalah (1) melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada pegawai pajak dan wajib pajak (2) meningkatkan kualitas jaringan sistem informasi, dan (3) melakukan sosialisasi maupun penyuluhan serta menanamkan budaya bertanya dan mencatat kepada wajib pajak.

English Abstract

APBN revenue in the taxation sector is the largest revenue earned by the State to run the State's economic system, therefore the revenue from the tax sector has an effect on the APBN revenue. One of the government's efforts to increase and maximize state revenues in the taxation sector is by improving tax administration system with the application of Electronic Invoice Number (E-Nofa) system. E-Nofa was created to prevent the issuance of fictitious tax invoice, in addition to the E-Nofa system applied to improve the comfort and security as well as make it easy for Taxable Entrepreneurs. This research aims to determine the application of E-Nofa on KPP Pratama South Malang and obstacles and alternative ways to overcome obstacles of implementation of E-Nofa system in KPP Pratama South Malang as an effort to prevent fictitious tax invoice. The type of research used by researchers is qualitative research using descriptive analysis. Data collection techniques in this study are interviews and documentation. The researcher focused on the implementation of E-Nofa through the implementation step in the effort to prevent fictitious tax invoice as well as obstacles and how to overcome obstacles of E-Nofa implementation. The result of this research is that KPP Pratama South Malang has applied E-Nofa quite well, it is proved with significant result in preventing tax invoice fictitious done by taxpayer either from publisher side or user of fictitious tax invoice. The obstacles that arise are (1) the human resources tax employees and Taxpayers (2) dependency system and internet network connection (3) level of understanding and the omission of tax payers. While alternative ways to overcome the obstacles that arise are (1) conduct socialization and counseling to tax employees and taxpayers (2) improving the quality of information system network, and (3) socializing and counseling and instilling culture of inquire and record to the taxpayer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/730/051708417
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:47
Last Modified: 09 Dec 2020 15:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2608
[thumbnail of 1. Bagian Depan.pdf] Text
1. Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of 7. Daftar Pustaka.pdf] Text
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Actions (login required)

View Item View Item