Triatmono, Robby (2017) Penggunaan Awalan 非 (HI), 不 (Fu), Dan 無 (MU) Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Dan Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Afiksasi adalah proses pembentukan leksem sehingga menjadi kata yang kompleks. Dalam bahasa Jepang setsuji terdapat tiga jenis, yaitu 接頭辞(settouji) ‘awalan’, 接尾辞(setsubiji) ‘akhiran’, dan 接中辞 (setsuchuuji) ‘sisipan’. Kosakata yang mengandung proses afiksasi sering muncul dalam buku pembelajaran dan jenis bacaan lainnya. Latar belakang dari penelitian ini adalah pengalamanan pribadi penulis tentang belajar prefiks di dalam perkulihaan dan prapenelitian yang penulis telah lakukan, yang diketahui hasilnya bahwa secara umum Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang dan Sastra Jepang Universitas Brawijaya kurang mampu memahami awalan 非 (hi), 不 (fu), dan 無 (mu) . Maka dari itu penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimakah tingkat pemahaman awalan 非 (hi), 不 (fu), dan 無 (mu) oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang dan Sastra Jepang Universitas Brawijaya?. (2) bagaimana tingkat kemampuan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Sastra Jepang Universitas Brawijaya dalam menggunakan awalan 非 (hi), 不 (fu), dan 無 (mu)? Jenis penelitian adalah penelitian campuran yang menggunakan tes, angket, dan wawancara. Data yang digunakan merupakan hasil dari soal-soal tes, angket dan wawancara. Analisis dilakukan dengan cara memuat data dalam tabel, membuat bagan atau grafik dan mendeskripsikan hasil berdasarkan bagan yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum responden Kurang mampu dalam memahami awalan 非 (hi), 不 (fu), dan 無 (mu) . Dengan hasil nilai rata-rata 55. Namun jika dilihat secara detail ada beberapa responden yang telah mampu menjawab dengan baik dan masuk ke dalam katagori taraf indikator pemahaman baik sekali dan baik. Penulis menyarankan kepada dosen atau pengajar sebaiknya memberikan pengetahuan lebih mengenai proses afiksasi dalam bahasa Jepang, baik dari definisi, jenis, ciri dan maknanya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti dari metode pengajaran yang baik dan benar untuk mengajarkan afiks yang memiliki makna yang sama kepada pembelajar Bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/624/051707404 |
Uncontrolled Keywords: | Afiksasi, Kemampuan, Morfologi, Pemahaman, Prefiks. |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 01:42 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 07:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2552 |
Preview |
Text
Robby Triatmono.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |