Farouq, Muhammad Ayyinna Yusron El (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Teknik Think Pair Share Melalui Kartu Lipat Bergambar Pada Siswa Kelas Vii D Smpn 13 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keterampilan menulis pantun merupakan salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP. Dalam kompetensi keterampilan menulis pantun, kemampuan siswa kelas VII D masih belum optimal. Rendahnya keterampilan menulis pantun disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya kurangnya minat siswa dalam menulis dan kurangnya teknik serta media pembelajaran yang menarik untuk siswa belajar menulis. Dalam menyusun pantun, diperlukan penggunaan struktur yang lengkap, kaidah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada aspek kelengkapan struktur dan ketepatan kaidah dengan menggunakan teknik Think Pair Share melalui kartu lipat bergambar pada siswa kelas VII D SMPN 13 Malang. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah siswa kelas VII D SMPN 13 Malang tahun ajaran 2016/ 2017 dengan jumlah 33 siswa.. Data kualitatif diambil dari hasil observasi selama proses pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis pantun. Analisis data dilakukan dengan melakukan analisis peningkatan proses pembelajaran, analisis peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis pantun siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis pantun mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa setelah menulis pantun berdasarkan struktur dengan nilai 88,37 pada siklus 1 dan meningkat menjadi kategori sangat baik (93,43) pada siklus II. Di samping itu, peningkatan terjadi pada aspek ketepatan kaidah dengan nilai 59,34 pada siklus 1 dan menjadi kategori baik (82,52) pada siklus II. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I mencapai 75,6% dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Guru menunjukan kemampuan yang sangat baik dalam mengelola proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa dengan teknik Think Pair Share melalui kartu lipat bergambar. Sedangkan pada hasil observasi kegiatan siswa terjadi peningkatan sebesar 80% pada siklus I menjadi 84,1% pada siklus II.. Di samping itu, terjadi peningkatan persentase siswa yang lulus di atas KKM pada siklus I mencapai 66.66% dan meningkat pada siklus II mencapai 90,90% dengan kategori sangat baik, yaitu siswa sudah mampu menulis pantun berdasarkan kelengkapan struktur dan ketepatan kaidah.
English Abstract
Writing skill is one of main competence in teaching and learning Bahasa language especially in writing pantun competence, still not optimal for students at VII D. Students low writing pantun competence are caused few factors, such as low interest in writing and lack of writing technique also interesting teaching media for students to learn writing. Pantun require a complete structure, correct grammar to compose and the use of innovative techniquees through the media that support the learning process.This research objective is improving pantun writing skill in complete structure and precise grammar using technique Think Pair Share through picture folded card at students VII D class SMPN 13 Malang. This research type is PTK using model Kemmis and Mc Taggart that follows: planning, acting, observing, reflecting that involve qualitative and quantitative data. This research data source gathered from VII D class SMPN 13 Malang during education year 2016/2017 with 33 students. Qualitative data gained from observation during teaching and learning while quantitative data taken from writing pantun test result. Researcher do data analysis with teaching learning process, analyzing improvement teaching learning result in student’s pantun writing skill.Research result shows that improvement process in writing skill have increased. Research result show that improvement using Think Pair Share through picture folded card.Technique application Think Pair Share through picture folded card can improve students grade in writing pantun. This result can be seen from student’s average score after using structure with score 88,37 in first cycle and increase to very good category (93,43) in second cycle. Grammar accuracy also occurred from (59.34) in first cycle and increased to very good category (78.63) on second cycle. Teacher observation result shows with score 75,6% in first cycle and increase by 87,5% in second cycle. The teacher demonstrated a very good capability in managing the learning process to improve pantun writing skill using technique Think Pair Share through picture folded card Beside that, observation of the student result shows 80% at first cycle and increase 84,1% second cycle. Students also show improvement in KKM pass percentage in first cycle 66.66% in second cycle 90.90% that mean students can learn the study of writing pantun about complete structure and precise granmar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/638/051707418 |
Uncontrolled Keywords: | menulis, pantun, Think Pair Share, kartu lipat bergambar |
Subjects: | 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 899 Literatures of non-Austronesian languages of Oceania, of Austronesian languages, of miscellaneous languages > 899.221 Indonesian (Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 06:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 13:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2524 |
Preview |
Text
Muhammad Ayyinna Yusron El Farouq.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |