Pengaruh Strategi Bisnis, Modal Intelektual Dan Kemampuan Inovasi Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Di Kabupaten Jombang)

Rohim, Abd (2017) Pengaruh Strategi Bisnis, Modal Intelektual Dan Kemampuan Inovasi Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Di Kabupaten Jombang). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh strategi bisnis, modal intelektual dankemampuan inovasiterhadap kinerja perusahaan/UKM Sampel penelitian berjumlah 100 yang terdiri dari 5 sentra usaha kecil dan menengah (UKM). Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan program SmartPLS 3.0,hierarchies second order model (HSOM) digunakan untuk melihat relasi yang terbentuk berkaitan dengan primary construct, sub-construct dan indicator Penelitian ini menemukan bukti empirik bahwa: 1) strategi bisnisdapat meningkatkan kinerja perusahaan/UKM yang dimediasi penuh (full mediation) oleh kemampuan inovasi, Implikasinya meskipun para pengusaha telah mampu merancang produk dengan biaya yang efisien, harga jual produk yang lebih murah, membangun kemitraan dengan pengusaha lain sejenis, berbagi sumberdaya dengan pengusaha lain, akan tetapi semua itu tidak dapat secara langsung meningkatkan kinerja perusahaan. 2) strategi bisnis dapat meningkatkan kemampuanInovasi perusahaan/UKM, artinya semakin baik strategi bisnis (strategi bersaing dan strategi kemitraan) yang dilakukan oleh para pengusaha kecil dapat meningkatkan kemampuan Inovasi perusahaan3) modalintelektual dapat meningkatkan kinerja perusahaan/UKM, Hal ini menunjukkan bahwa modal manusia, modal struktur dan modal hubungan dengan konsumen telah dapat meningkatkan kemampuan Inovasi para pengusaha/UKM dengan baik..4) modal intelektual dapat meningkatkan kinerja perusahaan/UKM, ini menunjukkan bahwa para pengusaha kecil dan menengah selama ini telah dapat meningkatkan kompentensi tenaga kerja, menjaga stabilitas para pegawainya, penguasaan teknologi informasi, manajemen proses produksi terus dikembangkan, menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, dan bekerjasama dengan asosiasi industri terkait, sehingga kinerja perusahaan dapat meningkatkan.5) Kemampuan Inovasi dapat meningkatkan kinerja perusahaan/UKM, ini menunjukkan bahwa kemampuan Inovasi yang bersumber dari internal perusahaan seperti pengalaman para pengusaha kecil dan menengah, tingkat pendidikan, pengembangan sumberdaya tenaga kerja, menjalin hubungan baik dengan pemasok, lembaga keuangan serta asosiasi industri telah dapat meningkatkan kinerja perusahaan

English Abstract

The purpose of the study is to test and analyze the effects of business strategy, intellectual capital, and innovation capability on corporate performance. The number for sample amounts to 100 consisting of 5 central SMEs. Analysis data is performed by means of Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS 3.0 program. Hierarchies second order model (HSOM) is applied to see relations between primary constructs, sub-constructs and indicators. The study obtains several findings: 1) Business strategy can heighten corporate performance fully mediated (full mediation) by innovation capability, The consequence is that even though employers have been able to design products with efficient cost, lower price, partnership with other employers, and even sharing commitment with them, all will not do for heightened corporate performance. 2) Business strategy can increase innovation capability of SMEs, which means that the better business strategy (competition strategy and partnership strategy) the more heightened innovation capability will be 3) intellectual capital can increase corporate performance. It reveals that human capital, structure capital and relation to consumers capital can increase innovation capability.4) Intellectual capital can increase corporate performance. It proves that the entrepreneurs of SMEs have been able to increase staff’s competence, maintain their stability, master information technology continuously develop product processing management, maintain good relation to consumers, and cooperate with concerned industrial association in a such way that heighten corporate performance.5) Innovation capability can increase corporate performance. It proves that innovation capability coming from internal company such as experience, degree of education, development of human resources, good relationship with suppliers, financial institutions and industrial association.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.022/ROH/p/2017/061708526
Uncontrolled Keywords: SMALL BUSINESS - MANAGEMENT, SMALL BUSINESS, INTELECTUAL CAPITAL, PERFORMANCE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance > 658.022 Small enterprises
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:07
Last Modified: 23 Dec 2024 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2497
[thumbnail of COVER+DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
COVER+DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB I Disertasi Final(1).pdf]
Preview
Text
BAB I Disertasi Final(1).pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAB II Disertasi Final(1).pdf]
Preview
Text
BAB II Disertasi Final(1).pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB III Disertasi Final(1).pdf]
Preview
Text
BAB III Disertasi Final(1).pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV Disertasi Final(1).pdf]
Preview
Text
BAB IV Disertasi Final(1).pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB V Disertasi Final(1).pdf]
Preview
Text
BAB V Disertasi Final(1).pdf

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI Disertasi Final(1).pdf]
Preview
Text
BAB VI Disertasi Final(1).pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item