Setiawan, Ahmad (2017) Perbedaan Hasil Pembelajaran Bahasa Perancis Antara Mahasiswa Minat Utama Bahasa Dan Minat Utama Bidang Lain. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti pada penelitian – penelitian terdahulu, peneliti mengamati bahwa banyaknya mahasiswa yang memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat mereka disebabkan oleh pemilihan jurusan berdasarkan pada passing grade yang rendah, hal ini akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa tersebut. Salah satu contoh jurusan yang memiliki passing grade yang rendah adalah jurusan bahasa asing. Dari pandangan tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai perbedaan hasil pembelajaran bahasa perancis mahasiswa yang memiliki minat utama dalam bidang bahasa dan yang memiliki minat utama dalam bidang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui jumlah mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang bahasa dan yang memiliki minat dalam bidang lain. (2) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil pembelajaran antara mahasiswa yang berminat dalam bidang bahasa dengan yang berminat dalam bidang lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif untuk menjawab kedua rumusan masalah. Rumusan pertama dengan melaksanakan tes kuder untuk mengetahui minat mahasiswa. Kemudian menghimpun nilai UTS mahasiswa, lalu menguji hipotesis rumusan masalah kedua dengan Independent Sample T-Test mengandalkan software SPSS. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan mengambil seluruh mahasiswa semester I Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis Universitas Brawijaya tahun ajaran 2016/2017 sebagai sampel. Pengambilan sampel yang berupa mahasiswa baru bertujuan untuk mengetahui perkembangan tahap awal pembelajaran bahasa asing pada manusia dewasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa jumlah mahasiswa yang memiliki minat bahasa lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang lain. Terdapat 20 mahasiswa yang memiliki minat bahasa dan terdapat 28 mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang lain. Berdasarkan hasil penghitungan SPSS 21.0, diketahui bahwa nilai signifikansi data penelitian ini adalah 0,114, yang berarti bahwa berdasarkan dasar pengambilan keputusan Independent Sample T-Test, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil pembelajaran antara kedua kelompok penelitian. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa temuan yang didapatkan penulis untuk analisis uji beda Independent Sample T-Test menjawab rumusan masalah kedua yang diajukan pada awal penelitian, yaitu tidak terdapat perbedaan hasil pembelajaran bahasa Perancis mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang bahasa dan yang memiliki minat dalam bidang lain.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/684/051707469 |
Uncontrolled Keywords: | Minat, Pembelajaran, UTS |
Subjects: | 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 840 French Literature and literatures of related Romance languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 03:21 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 04:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2457 |
Text
01 BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Actions (login required)
View Item |