Pengembangan Media Pembelajaran Palu (Papan Ilustrasi) Dalam Menyusun Teks Eksplanasi Pada Siswa Sma Kelas Xi

Pratiwi, Annisa Dessy (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Palu (Papan Ilustrasi) Dalam Menyusun Teks Eksplanasi Pada Siswa Sma Kelas Xi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk visual. Tujuan lainnya dalah mendeskripsikan pembelajaran menyusun teks eksplanasi bagi siswa kelas XI SMA Islam Kepanjen. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan angket validasi dan angket respons siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI BAHASA SMA Islam Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian Borg dan Gall yang terdiri atas sepuluh tahapan. Sepuluh tahapan tersebut meliputi 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi; 2) tahap perencanaan; 3) tahap pemgembangan; 4) tahap uji coba awal; 5) tahap revisi prosuk pertama; 6) tahap uji coba skala sedang; tahap pelaksanaan revisi produk; 7) tahap pelaksanaan revisi produk; 8) tahap uji coba skala luas; 9) tahap revisi produk akhir; 10) tahap penyebaran dan implementasi/ . Penelitian ini media yang bernama media PALU (Papan Ilustrasi) dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi yang dikemas menyerupai bentuk papan. Penelitian dilaksanakan di SMA Islam Kepanjen. Hasil analisis angket pada uji coba skala kecil memperoleh hasil kualifikasi belum layak. Pada uji coba skala sedang memperoleh hasil kualifikasi belum layak. Pada uji coba skala luas, penelitian melibatkan siswa satu kelas dari kelas XI MIPA dan memperoleh kualifikasi telah layak karena telah memenuhi interpretasi skor sangat layak. Berdasarkan uji coba yang telah dilaksanakan, maka media PALU dinyatakan layak untuk disebarluaskan.

English Abstract

This research is a development research of PALU (Papan Ilustrasi) media in teaching writing explanation text that created in the form of a board. The objective of this study described teaching learning to arrange the text explanation for the students XI Islamic Senior High School Kepanjen. The data source in this research was obtained according to validation questionnaire and questionnaire respons from the students of XI MIPA dan XI BAHASA Islamic Senior High School Kepanjen. This research is a developing which use Borg and Gall type research consist of ten steps. The ten steps: 1) research and obtained the informations; 2) planning; 3) developing; 4) try out; 5) revision of first product; 6) try out the medium scale; 7) doing revision product; 8) try out a wide scale; 9) revision of the last product; and 10) distribution and implementation. The result of this research was media named PALU (Papam Ilustrasi) media in teaching arrange text explanation that in the board form. The result of the questionnaire analysis in small tryout scale get the result qualification was not proper. The result of analysis in medium tryout get the result qualification was not proper. In the wide try out scale, the research involved a whole students from XI MIPA 1 and get the result qualification was proper. It is because met the interpretations score. Based on the tryout which have been already done, the PALU media was confirmed proper to distribute.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/694/051707470
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, media pembelajaran, menyusun teks eksplanasi, media PALU.
Subjects: 400 Language > 411 Writing systems of standard forms of language
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Sep 2017 01:18
Last Modified: 03 Dec 2020 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2422
[thumbnail of Pratiwi, Annisa Dessy.pdf]
Preview
Text
Pratiwi, Annisa Dessy.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item