Learners Perception On Speaking Anxiety Of The First Year Students At Smk Putra Indonesia Malang

Yestiana, Virgin Intan (2017) Learners Perception On Speaking Anxiety Of The First Year Students At Smk Putra Indonesia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dari keempat keterampilan, keterampilan berbicara memiliki peran besar dalam berkomunikasi. Hal ini membantu tiap orang untuk berinteraksi secara sosial, langsung dan lisan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka. Di Indonesia, Bahasa Inggris telah manjadi mata pelajaran wajib selama bertahun-tahun. Namun, siswa masih menghadapi berbagai kesulitan dalam menguasai Bahasa Inggris, terlebih keterampilan berbicara. Hal ini karena adanya kecemasan dalam berbicara. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan dan mengidentifikasikan pandangan siswa tahun ajaran pertama SMK Putra Indonesia Malang terhadap kecemasan berbicara. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey. Penelitian ini melibatkan 167 siswa tahun ajaran pertama di SMK Putra Indonesia Malang. Disini, data dikumpulkan menggunakan angket FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) yang diadaptasi dengan fokus pada kecemasan berbicara. Cara paling mungkin dalam mengumpulkan pandangan siswa pada kecemasan berbicara adalah dengan menyelidiki tiap butir pernyataan yang ada di angket FLCAS. Data yang dikumpulkan dikalkulasi dan divalidasi menggunakan SPSS v.22 (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami tiap kekhawatiran dalam berbicara. Hal tersebut antara lain fear of negative evaluation, kemudian communication apprehension dan test anxiety. Hal ini dapat dispekulasikan bahwa pandangan siswa terhadap kecemasan berbicara cukup dominan karena kebanyakan jawaban siswa dalam angket sangat setuju dan setuju. Ditambah lagi, 87 siswa mengalami kecemasan yang tinggi berdasarkan skor mereka setelah dihitung. Skor tersebut lebih tinggi dari skor rata-rata (90). Siswa dengan skor lebih tinggi dari skor rata-rata dapat dikategorikan sebagai kecemasan yang tinggi dalam beribicara Bahasa Inggris.

English Abstract

Out of the four skills, speaking skill takes big part in communication. It helps speakers to interact socially, directly, and orally to express their thoughts, ideas, and feelings. In Indonesia, English had become a compulsory subject for years. However, learners still experience some problems in mastering English, especially speaking skill. This case is because the existence of anxiety in speaking. Therefore, this research aims to gather and identify learners’ perception by the first year students of SMK Putra Indonesia Malang on speaking anxiety. The method used is quantitative research with survey as the design. It is involved 167 first year students of SMK Putra Indonesia Malang. Here, the data collected using an adapted FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) questionnaire that focused on speaking anxiety. The possible ways to gather learners’ perception on speaking anxiety were investigated through each statement in FLCAS questionnaire. The data were calculated and validated by using SPSS v.22 (Statistical Package for the Social Sciences). The result showed that students experienced each anxiety/dimension in speaking. Thus, fear of negative evaluation, communication apprehension and test anxiety. It could be speculated that their perception on speaking anxiety is quiet dominant because mostly their answer in questionnaire were strongly agree and agree. Moreover, 87 learners experienced high anxiety based on their score after the data calculated. The score was higher than mean score (90). The learners with score higher than mean score categorized as high level anxiety in speaking English.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/721/051707502
Uncontrolled Keywords: speaking, speaking anxiety, perception
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Sep 2017 07:06
Last Modified: 10 Dec 2020 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2408
[thumbnail of VIRGIN INTAN YESTIANA.pdf]
Preview
Text
VIRGIN INTAN YESTIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item