Fadhila, Nadya Audrina and Dr. Ika Rahma Susilawati, S.Psi., M.Psi., (2024) Representasi Sosial Terhadap Pajak: Perspektif Siswa Smk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Program edukasi perpajakan merupakan landasan penting untuk meningkatkan kesadaran pajak pada masyarakat Indonesia. Akan tetapi, belum ada mekanisme pengukuran efektivitas dari program yang diberikan. Dengan mengetahui pandangan terkait pajak pada siswa SMK, maka kita dapat melihat gambaran efektifitas dari program edukasi yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui representasi sosial yang dimiliki oleh siswa SMK tentang pajak. Penelitian menggunakan metode kualitatif berupa kuesioner terbuka yang disebarkan secara luring dengan menerapkan teknik asosiasi bebas. Sampel penelitian ini sebanyak 203 responden yang merupakan siswa SMKN 2 Malang dan SMK Nasional Malang yang diambil menggunakan metode non-probability sampling, yaitu menggunakan perwakilan kelas di tiap tingkatan kelasnya. Analisis yang digunakan adalah descriptive content analysis. Hasil menunjukkan bahwa representasi sosial terhadap pajak pada siswa SMK memiliki valency yang dominan dengan nilai positif dan saliency tertinggi adalah kewajiban, finansial, dan bayar. Penelitian ini memberikan data empiris tentang persepsi siswa SMK terhadap pajak yang dapat digunakan sebagai dasar evaluasi bagi pemerintah. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk merancang strategi edukasi pajak yang tidak hanya informatif tetapi juga mampu menghubungkan relevansi pajak dengan kehidupan sehari-hari siswa. Strategi ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap kewajiban perpajakan sejak dini.
English Abstract
Tax education programs are an important foundation for increasing tax awareness in Indonesian society. However, there is no mechanism for measuring the effectiveness of the programs provided. By knowing the views on taxes among vocational high school students, we can see a picture of the effectiveness of the education program that has been provided. The purpose of this study was to determine the subjective views held by vocational high school students about taxes. The study used a qualitative method in the form of an open questionnaire distributed offline by applying the free association technique. The sample of this study was 203 respondents who were students of SMKN 2 Malang and SMK Nasional Malang who were taken using the non-probability sampling method, namely using class representatives at each class level. The analysis used was descriptive content analysis. The results showed that the social representation of taxes among vocational high school students had a dominant valence with positive values and the highest saliency was obligation, financial, and payment. This study provides empirical data on vocational high school students' perceptions of taxes that can be used as a basis for evaluation for the government. The data can be used to design a tax education strategy that is not only informative but also able to connect the relevance of taxes to students' daily lives. This strategy is expected to increase students' understanding and awareness of tax obligations from an early age.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Pajak, Representasi Sosial, dan Siswa SMK. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:33 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/237893 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadya Audrina Fadhila.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |