Strategi Komunikasi Persuasif Petugas Pelayanan Kelurahan Mojo Kota Surabaya dalam Program KALIMASADA

Fatriana, Ninik and Azizun Kurnia Illahi, S.I.Kom.,M.A (2024) Strategi Komunikasi Persuasif Petugas Pelayanan Kelurahan Mojo Kota Surabaya dalam Program KALIMASADA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan pelayanan publik tidak terlepas dari komunikasi dan peran petugas pelayanan sebagai komunikator dan pemberi pelayanan. Proses komunikasi dalam pelayanan dengan pendekatan yang tepat, serta isi pesan yang baik akan berdampak pada kualitas pelayanan. Dalam hal ini, petugas pelayanan harus mampu mempersuasi publiknya dengan mempengaruhi sikap, pendapat, dan perilaku masyarakat berkaitan dengan penggunaan layanan publik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka komunikator memegang kunci keberhasilan dari komunikasi persuasif. Berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan publik tersebut, Kelurahan Mojo memiliki data pembaruan dokumen kependudukan yang cukup rendah dengan persentase angka dibawah 50% yang dibuktikan melalui pendataan program KALIMASADAnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya persuasif yang telah dilakukan petugas layanan Kelurahan Mojo dalam pengimplementasian pelayanan publik melalui penyusunan pesan persuasi motivated sequence. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam yang melibatkan tiga belas petugas pendamping pelayanan dan lima masyarakat Kelurahan Mojo. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana yang memiliki tiga komponen yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif menggunakan penyusunan pesan lima langkah Monroe’s Motivated Sequence oleh petugas pelayanan Kelurahan Mojo dapat diadaptasi dan diimplementasikan kepada masyarakat kelompok KALIMASADA.

English Abstract

The implementation of public services cannot be separated from communication and the role of service officers as communicators and service providers. The communication process in service with the right approach and good message content will have an impact on service quality. In this case, service officers must be able to persuade the public by influencing people's attitudes, opinions and behavior regarding the use of public services. In this regard, communicators hold the key to the success of persuasive communication. In relation to the implementation of these public services, Mojo Subdistrict has quite low population document renewal data with a percentage figure below 50% as evidenced by data collection from its KALIMASADA program. This research aims to determine the persuasive efforts that have been made by Mojo Subdistrict service officers in implementing public services through the preparation of motivated sequence persuasion messages. This research is a descriptive qualitative type of research using observation data collection techniques and indepth interviews involving thirteen service assistance officers and five residents of Mojo Subdistrict. The collected data was analyzed using data analysis techniques from Miles, Huberman, and Saldana which has three components, namely, data condensation, data presentation, and conclusion drawing or verification. This research shows that a persuasive communication strategy using the five-step Monroe's Motivated Sequence message preparation by Mojo Village service officers can be adapted and implemented for the KALIMASADA group community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Monroe’s Motivated Sequence, Kelurahan Mojo, KALIMASADA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:13
Last Modified: 03 Mar 2025 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/237875
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ninik Fatriana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item