Rahmawati, Aulia (2017) Penggunaan Media Permainan Onet Connect Untuk Meningkatkan Penguasaan Arti Kanji Tingkat Dasar Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tahun Ajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kanji merupakan salah satu huruf yang sangat penting dalam proses belajar mengajar bahasa Jepang. Proses pembelajaran yang diperoleh pembelajar selama mengikuti pelajaran yang berlangsung selama ini hanya berorientasi pada memorisasi bahan-bahan pelajaran dan interaksi belajar mengajar berjalan satu arah. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai bahan kajian terhadap guru untuk menambah pengetahuan dalam upaya pemanfaatan permainan onet connect dalam proses belajar mengajar. Serta dengan permainan ini pembelajar diberi kesempatan untuk dapat lebih meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar agar pembelajar terbiasa berpikir dan berkarya dengan inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain One Grup Before After atau Pretest and Posttest kontrol grup desain. Desain ini merupakan desain eksperimen yang dilakukan dengan pretest sebelum perlakuan diberikandan posttest sesudah perlakuan dilakukan. Dalam penelitian ini rancangan terdiri dari satu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan media permainan Onet Connect. Sampel yang digunakan yaitu moji kelas A. Data analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara klasikal seluruh responden memenuhi kriteria ketuntasan yaitu di atas 80, dengan rata-rata sebelum perlakuan (pretest) 58,5% dan rata-rata sesudah perlakuan (posttest) 91,1%.jadi rata-rata peningkatan nilai sebesar 32,9%. Hasil tanggapan siswa secara klasikal termasuk kategori kuat dengan presentase yang diperoleh sebesar 79,2%. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung yang diperoleh sebesar daripada ttabel atau bias ditulis thitung>ttabel=8,987>2,681.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah media permainan onet connect mampu meningkatkan penguasaan arti kanji tingkat dasar pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang. Hasil tanggapan responden menyatakan media permainan onet connect baik diterapkan pada mahasiswa tingkat dasar.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/750/051707531 |
Uncontrolled Keywords: | Media, Permainan, Onet Connect |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 02:27 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 13:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2378 |
Preview |
Text
Rahmawati, Aulia.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |