Setiawati, Nia Rahmi and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS. and Dr. Ir. Agustina Shinta, Hw, MP. (2025) Peran Bauran Pemasaran Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Organik Spesialti: Dengan Sikap dan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus: Konsumen Waroeng Kopi Kayumas di Kabupaten Situbondo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingginya permintaan kopi membuat bisnis perkebunan kopi nasional mulai menggeliat pertumbuhannya. Sayangnya, banyaknya perkebunan kopi rakyat yang belum tersertifikasi, membuat harga jual kopi di petani menjadi sangat rendah. Sertifikasi kopi dapat digunakan untuk meningkatkan nilai jual kopi di pasar internasional (Wahyudi et.al., 2020). Waroeng kopi kayumas Situbondo menawarkan kopi organik spesialti yang mengikuti praktik pertanian organik yang benar dan memiliki kualitas biji yang baik, maka produk kopi mereka berpotensi memiliki manfaat kesehatan. Waroeng kopi kayumas dapat menarik konsumen dengan memberikan upaya penawaran melalui kualitas produk yaitu kopi organik spesialti. Dengan kualitas produk kopi yang baik dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen yang berdampak pada loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mesdeskripsikan persepsi konsumen kopi organik spesialti,menganalisis pengaruh langsung serta tidak langsung bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen kopi organik spesialti melalui mediasi sikap konsumen dan minat beli, merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh waroeng kopi kayumas. Penelitian ini dilakukan di waroeng kopi kayumas yang beralokasi di Jalan Raya Asembagus, Trigonco Utara, Asembagus, Situbondo Jawa Timur 68373. Dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2024 dengan 100 responden ynag ditentukan dengan teknik excidental sampling dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapatkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan, bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian untuk hasil pengaruh secara tidak langsung bauran pemasaran berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen, bauran pemasaran berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.
English Abstract
The high demand for coffee has led to a growing coffee plantation business in the country. Unfortunately, many smallholder coffee plantations are not yet certified, which results in very low coffee prices for farmers. Coffee certification can be used to increase the selling value of coffee in international markets (Wahyudi et al., 2020). Waroeng Kopi Kayumas in Situbondo offers specialty organic coffee that follows proper organic farming practices and has good bean quality, making their coffee products potentially beneficial for health. Waroeng Kopi Kayumas can attract consumers by offering quality products, namely specialty organic coffee. The good quality of the coffee can influence purchasing decisions and consumer satisfaction, which in turn impacts consumer loyalty. This research aims to describe the perception of specialty organic coffee consumers, analyze the direct and indirect effects of the marketing mix on consumer purchasing decisions through the mediation of consumer attitude and purchase interest, and formulate marketing strategies that can be applied by Waroeng Kopi Kayumas. This research was conducted at Waroeng Kopi Kayumas, located at Jalan Raya Asembagus, Trigonco Utara, Asembagus, Situbondo, East Java 68373. It was carried out between July and August 2024 with 100 respondents selected using accidental sampling techniques and analyzed using SEM-PLS. Based on the research, it was found that the marketing mix has a positive but insignificant effect on purchasing decisions, the marketing mix has a positive and significant effect on consumer attitudes, the marketing mix has a positive and significant effect on purchase interest, consumer attitude has a positive and significant effect on purchasing decisions, purchase interest has a positive and significant effect on purchasing decisions, and regarding the indirect effects, the marketing mix has a positive and significant effect on purchasing decisions through consumer attitudes, and the marketing mix has a positive and significant effect on purchasing decisions through purchase interest.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0425040014 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/237411 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
NIA RAHMI SETIAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |