Yasmin, Muthia Aprilian and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, M.S. and Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi, M.S. (2025) Pengaruh Persepsi, Sikap, dan Emosi Konsumen terhadap Loyalitas Membeli Bouquet Bunga sebagai Hadiah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga pelaku usaha berupaya mempertahankan pelanggan dengan menyediakan produk yang sesuai kebutuhan konsumen. Salah satu pelaku usaha di industri florikultura, ialah bouquet bunga yang saat ini memiliki permintaan yang tinggi di Indonesia. Permintaan tersebut dikarenakan oleh adanya tren terkait bouquet bunga yang dijadikan sebagai hadiah untuk menunjukkan perasaan atau untuk perayaan tertentu, terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi, sikap, dan emosi konsumen bouquet bunga sebagai hadiah terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen, pengaruh keputusan pembelian terhadap loyalitas konsumen, pengaruh persepsi, sikap, dan emosi konsumen bouquet bunga sebagai hadiah terhadap loyalitas konsumen melalui mediasi keputusan pembelian, serta merumuskan strategi yang efektif berdasarkan persepsi, sikap, dan emosi konsumen untuk meningkatkan peluang pembelian bouquet bunga sebagai hadiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan purposive samping dalam penentuan respondennya. Penelitian ini dilakukan secara online menggunakan Google form dikarenakan konsumen bouquet bunga tersebar di seluruh Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang merupakan penduduk Indonesia yang pernah membeli bouquet bunga sebagai hadiah. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) melalui software SmartPLS 4.0. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persepsi, sikap, dan emosi konsumen bouquet bunga sebagai hadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selanjutnya, keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian, dalam pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa persepsi, sikap, dan emosi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui mediasi keputusan pembelian. Mediasi keputusan pembelian antara pengaruh psikologi konsumen bouquet bunga sebagai hadiah terhadap loyalitas konsumen tergolong partial mediation. Bagi pelaku usaha, diharapkan dapat terus mengembangkan dan meningkatkan usahanya sesuai dengan persepsi, sikap, dan emosi konsumen, sehingga pelaku usaha perlu memastikan bahwa pengalaman menerima bouquet bunga memberikan dampak emosional yang positif.
English Abstract
Increasingly tight business competition so that business actors try to retain customers by providing products that meet consumer needs. One of the business actors in the floriculture industry is flower bouquets which currently have high demand in Indonesia. This demand is due to the trend related to flower bouquets being used as gifts to show feelings or for certain celebrations, especially among the younger generation. This study aims to analyze the influence of perceptions, attitudes, and emotions of consumers of flower bouquets as gifts on purchasing decisions and consumer loyalty, the influence of purchasing decisions on consumer loyalty, the influence of perceptions, attitudes, and emotions of consumers of flower bouquets as gifts on consumer loyalty through purchasing decision mediation, and formulate effective strategies based on consumer perceptions, attitudes, and emotions to increase the chances of purchasing flower bouquets as gifts. This study uses a quantitative approach using purposive sampling in determining its respondents. This research was conducted online using Google forms because flower bouquet consumers are spread throughout Indonesia. This research was conducted in October - November 2024. The sample used in this study was 100 respondents who were Indonesian residents who had bought flower bouquets as gifts. Data analysis in this study was conducted using descriptive statistical analysis and Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) through SmartPLS 4.0 software. Based on the research conducted, it shows that the perception, attitude, and emotion of the flower bouquet consumer as a gift have a positive and significant effect on consumer loyalty. Furthermore, the purchasing decision has a positive and significant effect on consumer loyalty. Then, in the indirect effect, it shows that the perception, attitude, and emotion of the consumer have a positive and significant effect on consumer loyalty through the mediation of the purchasing decision. The mediation of the purchasing decision between the influence of the psychology of the flower bouquet consumer as a gift on consumer loyalty is classified as partial mediation. For business actors, it is expected to continue to develop and improve their business in accordance with the perception, attitude, and emotion of consumers, so that business actors need to ensure that the experience of receiving a flower bouquet has a positive emotional impact.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0425040013 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:12 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/237398 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muthia Aprilian Yasmin.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |