Sa'adah, Siti Lailatus and Dr. Silvana Maulidiah, S.P.MP and Dr. Rosihan Asmara, SE., MP (2025) Peningkatan Niat Berkunjung Melalui Platform Media Sosial Dengan Mediasi Travel Inspiration Dan Hedonic Motivation Pada Agrowisata. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Agrowisata di Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. Namun, masih diperlukan upaya untuk meningkatkan niat berkunjung atau disebut sebagai travel intention pada wisatawan untuk berkunjung ke agrowisata. Penggunaan short form video dianggap efektif dalam menarik niat berkunjung wisatawan. Peran mediasi travel inspiration dan hedonic motivation, serta moderasi openess to experiences, diduga dapat mempengaruhi niat berkunjung melalui short form video. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik short form video yang dapat mempengaruhi niat berkunjung pengunjung, menganalisis pengaruh short form video dengan mediasi travel inspiration dan hedonic motivation serta moderasi openess to experiences terhadap niat berkunjung, dan merumuskan strategi konten short form video untuk meningkatkan niat berkunjung pengunjung dengan harapan agar hasil penelitian ini bisa menjadi referensi untuk menyusun strategi pemasaran bagi mitra penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 174 sampel akan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa short form video dengan mediasi travel inspiration terhadap travel intention berpengaruh secara signifkan dan positif. Penelitian ini memberikan pemahaman sistematis tentang bagaimana video pariwisata berdurasi pendek dapat memicu inspirasi berwisata penonton dan niat berkunjung. Studi ini menemukan bahwa presenter attractiveness, video design attractiveness, dan destination attrcativeness yang ditampilkan dalam video adalah faktor utama yang mempengaruhi travel inspiration sebagai mediasi yang kemudian dapat meningkatkan niat berkunjung. Short form video dengan moderasi openness to experiences terhadap travel inspiration berpengaruh secara signifikan dan positif. Namun, ketika ditambahkan moderasi openness to experience, pengaruhnya justru lebih kecil. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun sikap terbuka audiens terhadap pengalaman baru dapat mempengaruhi cara untuk merespons konten, pengaruh utama terhadap inspirasi perjalanan lebih kuat tanpa adanya moderasi tersebut. Travel inspiration memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap travel intention, yang menunjukkan bahwa inspirasi perjalanan pariwisata secara langsung dapat mendorong seseorang untuk merencanakan dan mewujudkan perjalanan. Meskipun pengujian dengan mediasi hedonic motivation menunjukkan bahwa pengaruh lebih kecil dibandingkan dengan hubungan langsung antara travel inspiration dan travel intention. Hal ini menyiratkan bahwa meskipun motivasi hedonic memiliki peran dalam pengalaman perjalanan, efek utama dan lebih kuat tetap berasal dari inspirasi perjalanan pariwisata itu sendiri. Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan niat berkunjung. Pertama, meningkatkan kemampuan konten creator dalam storytelling, teknik komunikasi, dan penggunaan alat produksi untuk menyampaikan pesan yang lebih menarik dan nyaman. Narasi dan struktur video pendek juga perlu diperhatikan agarxi lebih engaging dan memberikan pengalaman positif bagi audiens. Kedua, menyajikan video pendek yang informatif dan edukatif tentang destinasi wisata dengan menonjolkan sejarah, budaya, dan keunikan tempat. Kolaborasi dengan influencer atau pakar perjalanan, serta penggunaan elemen visual seperti peta interaktif dan infografis, juga diperlukan untuk memperkaya konten. Ketiga, menciptakan konten yang menekankan emosi positif, seperti kebahagiaan, relaksasi, dan keseruan, dengan tambahan elemen hiburan, musik yang memotivasi, dan testimoni wisatawan. Keempat, menyertakan informasi praktis dalam video, seperti cara menuju destinasi, estimasi biaya, dan fasilitas yang tersedia, disertai dengan kampanye promosi berupa link pemesanan langsung atau kode diskon, serta call-to-action (CTA) yang jelas. Terakhir, pendekatan kreatif dalam pembuatan konten harus tetap dipertahankan untuk memberikan kontribusi maksimal terhadap niat berkunjung. Dengan strategistrategi ini, diharapkan dapat meningkatkan persepsi audiens terhadap konten wisata dan mendorong niat mereka untuk mengunjungi destinasi tersebut. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk agrowisata memanfaatkan promosi digital yang efektif dan menarik guna meningkatkan niat berkunjung. Kemudian untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian untuk membangun model dengan variabel lain seperti source credibility, video quality, customer satisfaction, destination image sebagai variabel yang dapat meningkatkan niat perjalanan.
English Abstract
Agrotourism in Pujon Kidul Tourism Village, Malang Regency, has the potential to be developed as a tourist destination. However, efforts are still needed to increase the visit intention or travel intention of tourists to visit agrotourism. The use of short form video is considered effective in attracting tourist visit intention. The role of travel inspiration and hedonic motivation mediation, as well as the moderation of openess to experiences, is thought to influence visit intention through short form video. Therefore, this study aims to determine the characteristics of short form video that can affect the visit intention of visitors, analyze the effect of short form video with the mediation of travel inspiration and hedonic motivation as well as the moderation of openess to experiences on visit intention, and formulate a short form video content strategy to increase the visit intention of visitors with the hope that the results of this study can be a reference for developing marketing strategies for the research partners.This research uses a quantitative approach with a total sample of 174, which will be taken using purposive sampling. Data collection is done through questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis will be carried out using descriptive analysis and SEM-PLS The results of this study indicate that a short-form video with travel inspiration mediation on travel intention has a significant positive effect. This research systematically explains how short-form tourism videos can trigger viewers' travel inspiration and intention. The study found that presenter attractiveness, video design attractiveness, and destination attractiveness displayed in the video are the main factors that influence travel inspiration as a mediator, which can then increase visit intention. Short-form video with moderation of openness to experiences on travel inspiration has a significant and positive effect. However, the effect is more minor when openness to experience moderation is added. This indicates that while the audience's openness to new experiences may influence how they respond to the content, the primary influence on travel inspiration is more substantial without this moderation. Travel inspiration has a significant and positive impact on travel intention, which suggests that tourism travel inspiration can directly encourage people to plan and realize a trip. However, testing with hedonic motivation mediation shows that the effect is smaller than the direct relationship between travel inspiration and intention. This implies that although hedonic motivation has a role in the travel experience, the primary and more substantial effect still comes from the inspiration for tourism travel. Several strategies can be employed to increase visit intentions. First, improve content creators' skills in storytelling, communication techniques, and the use of production tools to deliver a more engaging and comfortable message. The narrative and structure of short videos also need to be considered to be more engaging and provide a positive experience for the audience. Second, present informative and educational short videos about tourist destinations by highlighting the history, culture, and uniqueness of the place. Collaboration with influencers or travel experts, as well as the use of visual elements such as interactive maps and infographics, are alsoxiii necessary to enrich the content. Third, create content that emphasises positive emotions, such as happiness, relaxation and excitement, with the addition of entertainment elements, motivating music and traveller testimonials. Fourth, include practical information in the video, such as how to get to the destination, estimated costs, and available facilities, accompanied by promotional campaigns in the form of direct booking links or discount codes, and clear call-to-actions (CTAs). Finally, a creative approach to content creation should be maintained to maximise contribution to visit intent. With these strategies, it is expected to improve the audience's perception of tourism content and encourage their intention to visit the destination. This research can be used as a recommendation for agritourism to utilise effective and attractive digital promotions to increase visit intention. Then for future researchers it is recommended to conduct research to build models with other variables such as source credibility, video quality, customer satisfaction, destination image as variables that can increase travel intentions.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0425040007 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/237149 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SITI LAILATUS SA`ADAH.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |