Darmawan, Alfian and Wibisono Sukmo Wardhono, S.T., M.T and Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. (2025) Ersepsi Peserta Didik Pada Penggunaan Pc Building Simulator Sebagai Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Materi Perakitan Komputer Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini didasari pada keingintahuan peneliti terhadap bagaimana tentang persepsi peserta didik terhadap penggunaan PC Building Simulator. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik pada penggunaan PC Building Simulator sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran materi prakitan komputer Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode Kuantitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai persepsi peserta didik dalam penggunaan PC Building Simulator. Data dikumpulkan melalui hasil penyebaran kuisioner dan hasil dari data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa PC Building Simulator merupakan media pembelajaran yang efektif dan dapat dijadikan alternatif atau pelengkap dalam pembelajaran materi perakitan komputer di SMK PGRI 2 Malang. Penggunaan media ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami konsep perakitan komputer, tetapi juga meminimalkan resiko kerusakan komputer secara fisik serta meningkatkan efisiensi waktu belajar dan kinerja siswa dalam praktik langsung.
English Abstract
This research is based on the researcher's curiosity about how students perceive the use of PC Building Simulator. This study aims to find out students' perception of the use of PC Building Simulator as a learning medium in the learning process of computer infrastructure materials in Vocational High Schools (SMK). The Quantitative Method was used to gain an in-depth understanding of students' perceptions in the use of PC Building Simulator. Data was collected through the results of the questionnaire distribution and the results of the data obtained were analyzed using the descriptive analysis method. Based on the results of the research, it was concluded that PC Building Simulator is an effective learning medium and can be used as an alternative or complement in learning computer assembly materials at SMK PGRI 2 Malang. The use of this media not only helps students understand the concept of computer assembly, but also minimizes the risk of physical computer damage and improves the efficiency of learning time and student performance in hands-on practice.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052515 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, PC Building Simulator, media pembelajaran, perakitan komputer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 06:47 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 06:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236888 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfian Darmawan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |