Pangestu, Andhika Satria and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. and Ir. Tri Afirianto, S.T., M.T. (2025) Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Terkait Aksesibilitas Learning Management System BRONE (Brawijaya Online Learning) Berdasarkan WCAG (Web Content Accessibility Guidelines) pada Mahasiswa Disabilitas Netra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Aksesibilitas pada platform pembelajaran daring menjadi tantangan signifikan, khususnya bagi mahasiswa penyandang disabilitas netra, karena banyak Learning Management System (LMS) yang masih belum sepenuhnya mendukung kebutuhan mereka. LMS BRONE yang digunakan di Universitas Brawijaya, meskipun telah diimplementasikan sebagai solusi pembelajaran daring, menghadapi kendala dalam memastikan inklusivitas aksesibilitas bagi semua mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat aksesibilitas LMS BRONE berdasarkan pedoman Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) versi 2.0, 2.1, dan 2.2, dengan fokus pada mahasiswa penyandang disabilitas netra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, uji kegunaan (usability testing) yang melibatkan mahasiswa penyandang disabilitas netra sebagai responden, dan analisis dokumen terkait pedoman WCAG. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti Non-Visual Desktop Access (NVDA), serta alat evaluasi web seperti WAVE dan AXE DevTools untuk mengidentifikasi masalah aksesibilitas pada halaman-halaman LMS BRONE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun LMS BRONE telah memenuhi beberapa elemen dasar dari WCAG, terutama terkait dengan kompatibilitas dengan pembaca layar NVDA dan struktur heading pada beberapa halaman, platform ini masih memiliki banyak kelemahan. Beberapa masalah yang ditemukan mencakup kurangnya teks alternatif pada elemen visual, rasio kontras warna yang rendah, serta navigasi yang tidak ramah bagi pengguna keyboard, terutama pada menu dropdown dan halaman ujian. Selain itu, hasil uji kegunaan mengungkapkan bahwa mahasiswa disabilitas netra mengalami kesulitan dalam mengunggah tugas, menavigasi halaman, serta mengakses materi dan ujian. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan adanya perbaikan pada struktur navigasi, peningkatan teks alternatif, dan pengaturan rasio kontras warna agar LMS BRONE dapat lebih memenuhi standar WCAG 2.1 dan 2.2, serta menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif dan setara bagi seluruh mahasiswa, termasuk mereka dengan disabilitas.
English Abstract
Accessibility in online learning platforms presents significant challenges, particularly for students with visual impairments, as many Learning Management Systems (LMS) fail to fully accommodate their needs. BRONE, the LMS used at Brawijaya University, while implemented as a solution for online learning, still faces obstacles in ensuring inclusive accessibility for all students. This study aims to analyze the accessibility level of BRONE based on the Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) versions 2.0, 2.1, and 2.2, focusing on students with visual impairments. The research employs a qualitative method with a case study approach. Data were collected through direct observation, usability testing involving students with visual impairments as respondents, and document analysis related to WCAG guidelines. Testing was conducted using assistive tools such as Non-Visual Desktop Access (NVDA) and web evaluation tools like WAVE and AXE DevTools to identify accessibility issues in BRONE’s web pages. The findings reveal that although BRONE has met some fundamental WCAG elements, particularly regarding compatibility with the NVDA screen reader and heading structure on several pages, the platform still has numerous shortcomings. Identified issues include the lack of alternative text on visual elements, low color contrast ratios, and keyboard navigation inefficiencies, especially in dropdown menus and exam pages. Furthermore, usability testing results indicate that students with visual impairments face difficulties uploading assignments, navigating pages, and accessing materials and exams. Therefore, this study recommends improvements in navigation structure, alternative text provision, and color contrast adjustments to better align BRONE with WCAG 2.1 and 2.2 standards, fostering an inclusive and equitable learning experience for all students, including those with disabilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052515 |
Uncontrolled Keywords: | aksesibilitas, Learning Management System (LMS), WCAG, disabilitas netra, evaluasi web |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:59 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236849 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andhika Satria Pangestu.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |