Pengaruh Platform Visual Studio Code terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Malang

Abidah, Dyah Yuliana and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom and Khalid Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I. (2025) Pengaruh Platform Visual Studio Code terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak signifikan pada pendidikan, termasuk penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh platform pengembangan Visual Studio Code terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata Pelajaran Pemrograman Dasar dengan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design tipe Non-Equivalent Pretest Posttest Control Gorup Design. Sampel penelitian menggunakan dua kelas untuk dibandingkan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas untuk menentukan uji hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan data yang tidak terdistribusi normal, sehingga uji hipotesis dengan menggunakan pengujian nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil pengujian menunjukkan perbedaan signifikan pada posttest kognitif antara kelas eksperimen (rata-rata 56,67) dan kelas kontrol (rata-rata 74,71) dengan Sig. 0,028. Keterampilan psikomotorik kelas eksperimen juga lebih tinggi (Sig. 0,051). Kesimpulannya, platform Visual Studio Code dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada aspek psikomotorik. Meskipun terjadi sedikit peningkatan pada nilai kognitif dari pretest ke posttest, pengaruhnya tidak signifikan dibandingkan aspek psikomotorik. Hal ini menunjukkan efektivitas Visual Studio Code lebih dominan dalam pengembangan keterampilan siswa.

English Abstract

Technological developments have a significant impact on education, including the use of learning media. Learning media has an influence on student learning outcomes that include cognitive, affective, and psychomotor domains. This study aims to analyze the effect of the Visual Studio Code development platform on the learning outcome of X TKJ class student in Basic Programming subjects with the Problem Based Learning (PBL) model. This research uses a quantitative approach with the Quasi Experimental Design method of the NonEquivalent Pretest Posttest Control Group Design type. The research sample used two classes to compare cognitive and psychomotor learning outcomes. This study uses normality test and homogeneity test to determine hypothesis testing. The normality test results showed that the data were not normally distributed, so the hypothesis test used nonparametric testing, namely the Wilcoxon and MannWhitney test. The results showed a significant difference in the cognitive posttest between the experimental class (average 56,67) and the control class (average 74,71) with Sig. 0,028. The psychomotor skills of the experimental class were also higher (Sig. 0,051). In conclusion, the Visual Studio Code platform with the PBL model can improve student learning outcomes, especially in the psychomotor aspect. Although there was a slight increase in cognitive scores from pretest to posttest, the effect was not significant compared to psychomotor aspects. This shows that the effectiveness of Visual Studio Code is more dominant in developing students skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052515
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Visual Studio Code, problem based learning, hasil belajar.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:47
Last Modified: 25 Feb 2025 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236779
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dyah Yuliana Abidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item